KPU Batam Butuh 55 Relawan Demokrasi, Ini Syaratnya

Pendaftaran Relawan Demokrasi di KPU Batam. (Foto: Yude/batamnews)

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam membuka pendaftaran bagi Relawan Demokrasi Pemilu 2019 hari ini, Kamis (17/1/2019).

Perekrutan relawan ini nantinya akan bertugas menyukseskan Pemilu 2019 selama tiga bulan kedepan. Target relawan adalah mahasiswa aktif di organisasi kampus atau masyarakat  yang aktif di ormas. KPU mencari 55 orang yang memenuhi kategori persyaratan.

Komisioner KPU Batam Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muhammad Sidik mengatakan ada beberapa basis yang nantinya akan dikerjakan oleh relawan-relawan itu untuk membantu KPU.

“Ada basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan, dan warga internet,” ujar Sidik saat ditemui di kantornya.

Sidik mencontohkan, misalnya untuk basis penyandang disabilitas dan basis pemula, para relawan itu nantinya akan diberikan arahan untuk menyosialisasikan bagaimana proses pemilihan.

“Anggota KPU kan hanya 5 orang, jadi tidak bisa menyangkup semua kegiatan di Batam. Makanya kami membuka perekrutan itu,” kata Sidik.

Sidik menegaskan, perekrutan relawan itu juga tidak boleh terdaftar sebagai anggota partai.

“Kalau terindikasi sebagai anggota partai politik langsung kita coret. Karena memang tidak diperbolehlan,” kata Sidik.

Sidik menyebutkan, pendaftaran hanya berlangsung hari ini saja. Apabila tidak mencapai target, maka akan ada perpanjangan waktu.

Dia menyebutkan hari ini hingga pukul 14.40 WIB sudah ada 20 orang relawan yang mendaftar, 5 orang diantaranya merupakan penyandang disabilitas.

“Kita akan tambah waktunya kalau belum mencapai target. Untuk harinya kita rapatkan dulu,” ujar Sidik.

(ude)
 

SHARE US :

Berita Terkait