Alias Wello Ingin di Lingga Ada Politeknik Pertanian

Alias Wello Ingin di Lingga Ada Politeknik Pertanian

Bupati Lingga, Alias Wello ketika mengunjungi markas IPB (Foto:ist)

Lingga - Tekad Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga untuk menjadikan bumi Bunda Tanah Melayu sebagai daerah yang unggul di bidang pertanian terus digesa dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi ternama di negeri ini. Salah satunya kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu terungkap saat Bupati Lingga Alias Wello melakukan pertemuan dengan Rektor IPB Dr. Arif Satria di sela-sela menghadiri acara wisuda Program Vokasi D1 Pertanian kerjasama Pemkab Lingga dengan IPB di gedung Andi Hakim Nasoetion, Bogor, Selasa (15/1/2019).

Pada pertemuan tersebut, Alias Wello menyampaikan 6 poin rencana kerjasama, yakni kelanjutan Program Pendidikan di luar domisili Vokasi D1 Pertanian dan Peternakan, Pelatihan dan Pendampingan Petani Padi Sawah, Pengembangan Budidaya Laut (Udang Vaname, Bawal Bintang, Kakap Putih, Kerapu dan Rumput Laut).

"Selanjutnya, kerjasama Pengembangan Hijauan Pakan Ternak (HPT) Indigofera, Pelatihan Teknologi Pakan Ternak, Pelatihan Teknologi Produksi IB, Pengembangan Kultur Jaringan dan Kelanjutan Kajian Masterplan Tanah Putih Agro Techno Park juga kita usulkan," ujar pria yang akrab disapa Awe itu.

Untuk memperkuat rencana kerjasama tersebut, ia menugaskan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bersama Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) terus menjalin komunikasi dengan pihak IPB.

Ia berharap, salah satu rencana kerjasama yang bisa dilakukan dalam waktu cepat ini adalah pendirian Politeknik Pertanian. Jika ini bisa terealisasi, maka inilah perguruan tinggi pertanian pertama di Kepulauan Riau.

"Semoga dapat segera berdiri untuk meningkatkan daya saing SDM Pertanian Lingga" ucapnya.

Sementara itu, Rektor IPB, Dr. Arif Satria berkomitmen mewujudkan harapan Bupati Lingga. Bahkan, ia langsung menugaskan Dekan Vokasi IPB untuk segera membentuk tim menindaklanjuti rencana tersebut.

"Untuk diskusi lebih lanjut, saya minta Dekan Vokasi segera bentuk tim untuk membantu pak Bupati mewujudkan pendirian Politeknik Pertanian di Lingga," kata Arif.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews