Mengenal Teleprompter, "Jimat" Sakti Prabowo Dalam Berorasi

Mengenal Teleprompter, "Jimat" Sakti Prabowo Dalam Berorasi

Prabowo tampak menggunakan teleprompter saat sedang berpidato (Foto: BeritaSatu.com)

Jakarta - Salah satu keunggulan Prabowo yang dielu-elukan oleh pendukungnya adalah kemampuan capres nomor urut 2 itu dalam berpidato tanpa menggunakan teks. Kemampuan itulah yang membuatnya banyak diunggulkan oleh pendukungnya ketimbang Presiden Jokowi yang selalu menggunakan teks saat berpidato.

Namun seorang wanita dengan akun Facebook bernama Ienas Tsuroiya mengungkap ternyata Pak Prabowo juga punya "jimat" sendiri yang ia gunakan ketika sedang berpidato. Adalah sebuah alat bernama Teleprompter yang ternyaa digunakan oleh capres nomor urut 2 ini untuk membantunya mengingat materi pidato yang akan ia sampaikan. Lantas apa itu teleprompter?

Teleprompter adalah sebuah "display device" yang menampilkan teks digital dan sering digunakan oleh public speaker dan penyiar televisi ketika menyampaikan pidato ataupun berita, hingga membantu musisi untuk mengingat lirik lagu yang akan mereka bawakan.

Teleprompter memiliki banyak sekali desain, namun jenis yang digunakan oleh capres Prabowo - yang mana menjadi trending topik di pencarian dunia maya - adalah model yang dikhususkan untuk public speaking. Alat tersebut berbentuk tripod yang dipasangi semacam kaca/lensa di atasnya. Kaca/lensa itu akan menampilkan teks digital diinput melalui komputer dan diproyeksikan lewat kamera, sehingga membantu public speaker ketika berpidato.

 

Tips cara menggunakan teleprompter via YouTube/The Slanted Lens

 

Karena pembicara tidak perlu melihat ke samping ataupun ke bawah, penggunaan Teleprompter menciptakan ilusi kalau pembicaranya mengingat seluruh materi pidato di dalam kepalanya atau membuat pembicara terlihat seolah-olah memiliki "insting" untuk berbicara dengan spontan.

Menggunakan Teleprompter adalah hal yang biasa dilakukan oleh pembicara publik maupun presenter TV. Bahkan figur-figur politik dunia seperti Donald Trump hingga orator ulung seperti Barrack Obama juga menggunakan Teleprompter saat sedang berorasi. Kendati demikian penggunaan Teleprompter hingga saat ini masih diperdebatkan karena selain menciptakan kesan "cerdas" yang palsu, gangguan teknis yang tidak dapat diprediksi juga menjadi kendala untuk mengandalkan alat ini.

 

Obama terlihat kebingungan saat teleprompternya mati mendadak via YouTube/theobamafail

 

 (*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews