Gerombolan Monyet Resahkan Warga Perumahan Dekat Welcome to Batam

Gerombolan Monyet Resahkan Warga Perumahan Dekat Welcome to Batam

Monyet-monyet liar acap kali memasuki perumahan warga di dekat landmark WTB. (Foto: Syafril/Batamnews)

Batam - Sejak beberapa bulan belakangan, warga di sekitar perumahan di dekat Bukit Clara sering diganggu monyet-monyet liar. Gerombolan monyet ini disebut warga sebagai penunggu Welcome To Batam (WTB)--tulisan landmark raksasa di Bukit Clara, Batam Centre.

Monyet-monyet liar ini masuk ke pekarangan warga dan masuk ke rumah-rumah untuk mencari makan.

Wilson, security Perumahan Villa Bukit Indah mengatakan warga sering mengadukan keresahan akibat monyet liar tersebut.   "Kami petugas juga sudah pusing mendengar keluhan warga," ujar Wilson.

 

 

Sebenarnya para petugas sudah berusaha mengusir dan menangkap monyet liar tersebut tapi selalu gagal. Monyet tersebut selalu datang pada pagi hari dan sore harinya mereka balik lagi ke bukit WTB.

M.Syukur, Kepala Security Perumahan Villa Bukit Indah juga memberikan penjelasan kalau kejadian ini  baru belakangan ini saja.

"Sejak saya berada di sini baru kali ini monyet-monyet tersebut turun. Kami sudah sering melakukan penangkapan tapi selalu tidak berhasil, pernah tertangkap namun lepas lagi," ujar M. Syukur.

Pernah juga didatangkan seorang penembak binatang. Pada saat dilakukan pengintaian, seolah-olah monyet tersebut tahu kalau sudah direncanakan.  "Mereka pintar-pintar, jadi tidak ada satupun yang keluar," tambah M.Syukur.

 

 

Pernah seketika satu ekor terjerat. Namun, ketika penangkapan monyet tersebut segerombolan kawanan monyet lain datang dan petugas pun tak berani menangkapnya lagi.
 
Selain meresahkan perkarangan sekitar, para penunggu WTB ini juga masuk ke rumah-rumah warga. Mereka mengambil makanan dan buah-buahan serta mengacak-acak dapur dan tanaman.

Salah seorang warga perumahan mengatakan, monyet liar tersebut sudah sering menganggu. "Udah sering mas, mereka masuk kerumah mengambil makanan, mengacak-acak dapur dan tanaman saya juga rusak," ujar warga.

Selain itu, toko dekat Perumahan Villa Bukit Indah itu juga sempat dimasuki monyet tersebut dan mengambil barang dagangan seperti telur dan indomie. Beberapa warga terkadang juga ada yang memberi makan buah-buahan.

Ketua RT Perumahan Villa Bukit Indah, Oskar Simorangkir juga sudah mengadukan keresahan ini pada pihak terkait. Namun dinas terkait menjelaskan kalau jenis hewan tersebut tidak termasuk hewan yang dilindungi. Mereka malah menyarankan untuk dibunuh saja.

(sya)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews