BMKG Imbau Warga Waspadai Gelombang Laut Tinggi Capai 2 Meter

BMKG Imbau Warga Waspadai Gelombang Laut Tinggi Capai 2 Meter

Gelombang laut tinggi (Foto:net/tribunnews)

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, mengimbau masyarakat yang beraktivitas di laut agar selalu berhati-hati. Pasalnya, gelombang laut diprediksi 0,5-2 meter.

"Badai siklon tropis Pabuk di laut Selatan ikut berpengaruh untuk Kepulauan Riau dan juga perairan Lingga. Itu karena adanya gaya Corioli atau pembelokan di garis khatulistiwa maka angin dari Barat membelok (tersedot) ke Utara dengan kecepatan 5 km/jam hingga 30 km/jam," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews.co.id, Kamis (3/1/2019).

Dengan demikian, ia mengimbau agar seluruh masyarakat Kepulauan Riau, khususnya Lingga dapat memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yakni melengkapi alat-alat keselamatan berlayar bagi pengguna maupun penyedia transportasi laut.

"Pantau terus informasi resmi dari BMKG, dan otoritas pelabuhan setempat. Kami juga berharap, warga jangan mudah terpancing isu-isu atau berita hoaks yang tidak bertanggungjawab. Jaga kondisi badan supaya tetap sehat dalam perjalanan," ujarnya.

Selain itu, ia meminta waspada terhadap fenomena cuaca yang mudah berubah semisal apabila terbentuk awan CB agar dijauhi. Sebab, jika terbentuk di darat bisa menyebabkan angin puting beliung, hujan lebat, angin kencang dan petir.

"Apabila terbentuk di laut maka bisa menyebabkan waterspout (puting beliung), angin kencang dan gelombang tinggi secara tiba-tiba," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews