Retakan Baru Gunung Anak Krakatau, BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

Retakan Baru Gunung Anak Krakatau, BMKG Minta Masyarakat Tetap Waspada

Vertikal Gunung Anak Krakatau.

Jakarta - Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan retakan baru di Gunung Anak Krakatau. Masyarakat diminta untuk waspada saat berada di 500 meter dari sekitar pantai.

"Sehubungan adanya paparan dari kepala BMKG terkait ditemukan retakan baru pada Gunung Anak Krakatau, dan jika ada potensi tentu harapannya tidak seperti kemarin," kata Prakirawan BMKG Klas I Serang Trian Asmarahadi saat dikonfirmasi, Kamis (3/1/2019).

Ia menuturkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi potensi bencana, terkait tsunami baik di Banten dan Lampung akibat aktivitas gempa tektonik maupun vulkanik.

Dikatakan Trian, jangan sampai penurunan aktivitas Gunung Anak Krakatau menyebabkan masyarakat menjadi lengah.

"Namun BMKG mengupayakan agar jika terjadi lagi, BMKG dapat menditeksi kenaikan gelombang lebih awal dengan memasang sensor water level di pulau Sabesi dan PLTU Labuan," lanjutnya.

Sebelumnya Dwikorita Karnawati menyampaikan hasil kajian bahwa retakan muncul setelah gunung mengalami penyusutan, dari sebelumnya 338 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi hanya 110 mdpl.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews