Mobil Made in Indonesia Ternyata Laris di Negeri Orang

Mobil Made in Indonesia Ternyata Laris di Negeri Orang

Avanza menjadi salah satu mobil terlaris di negeri orang (Foto:net/viva)

Jakarta - Pabrikan mobil yang memiliki pabrik di Indonesia tidak hanya memproduksi untuk kebutuhan dalam negeri saja. Beberapa mobil juga tercatat ada yang dikirim ke negeri orang. 

Tercantum dalam data distribusi ekspor milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, merek-merek seperti Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki cukup rajin mengekspor mobil berlabel 'Made in Indonesia'. 

Jenis mobil yang diekspor pun beragam mulai dari SUV, MPV, hingga hatchback. Kalau di Indonesia mobil MPV seperti Avanza boleh jadi juaranya. Namun untuk mobil yang dikirim ke luar negeri paling laris bukan berasal dari MPV, melainkan SUV. 

Toyota Fortuner menjadi mobil 'Made in Indonesia' yang paling banyak diekspor ke luar negeri. Tercatat sepanjang 2018, 47.729 unit Fortuner dikirim ke banyak negara. 

Di Indonesia, penjualan Avanza boleh jadi yang terbanyak, di luar negeri pun mobil sejuta umat ini cukup laris. 

Meski kalah dari Fortuner, setidaknya Avanza masih berada di tempat kedua mobil 'Made in Indonesia' yang paling banyak diekspor. 

Setelah Avanza, Rush keluaran pabrik Daihatsu pun tak kalah laris di luar negeri. Daihatsu yang juga memproduksi Rush mengirimkan 28.507 unit SUV tersebut ke luar-luar negeri. 

Jangan kira mobil murah Agya laris di Indonesia saja. Terlihat beberapa negara seperti Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, Elsavador, Nicaragua, dan sederet negara lain juga tertarik akan mobil mungil ini. Agya yang di luar negeri bernama Wigo terkirim sebanyak 28.364 unit sepanjang Januari hingga November 2018. 

MPV penantang Avanza pun tak kalah diminati di luar negeri. Belum setahun mengekspor mobilnya, Xpander sudah menembus lima besar mobil 'Made in Indonesia' yang laku di luar negeri. Sebanyak 22.338 unit Xpander dikirim ke negeri orang.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews