Pemerintah Sumbar Kirim 1,2 Ton Rendang untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Pemerintah Sumbar Kirim 1,2 Ton Rendang untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Proses pemasakan rendang yang akan diberikan untuk korban tsunami di Lampung dan Banten (Foto:net/mediaindonesia)

Padang - Masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengirimkan rendang untuk korban tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten, melalui jalur darat, Sabtu (28/12/2018) nanti.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, E Rahman mengatakan, hingga hari pihaknya masih dalam proses mengumpulkan dan pengemasan.

"Distribusi kemungkinan paling cepat besok(Jumat)," kata dia, Kamis (27/12/2018).

Menurut Rahman, rendang yang terkumpul terus bertambah dari sumbangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat. Saat ini secara komitmen telah terkumpul 1,2 ton rendang dengan realisasi hampir 400 kilogram.

"Kemungkinan sore ini seluruhnya sudah terkumpul di kantor BPBD sehingga bisa dikemas dalam bungkusan setengah kilogram," ujarnya.

Pengemasan dalam bungkusan kecil itu dilakukan untuk memudahkan distribusi dan pembagian di kantong-kantong pengungsian.

"Jadi sejak awal kita telah melakukan pengemasan dengan bungkusan kecil agar nanti tidak menyulitkan petugas di lapangan," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman menyatakan, pengumpulan rendang untuk membantu saudara sebangsa yang sedang ditimpa bencana merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah dan masyarakat di Sumbar.

Hal itu telah menjadi sebuah gerakan sosial yang otomatis dilaksanakan jika ada saudara sebangsa yang terkena musibah. Sebelumnya Sumbar juga mengirimkan rendang untuk korban gempa di Aceh dan NTB serta korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews