BMKG: Dua Wilayah di Kepri Ini Rawan Bencana

BMKG: Dua Wilayah di Kepri Ini Rawan Bencana

Kapal tenggelam di perairan Kepri setelah dihantam gelombang beberapa waktu lalu (Foto: Batamnews)

Batam - Memasuki bulan Desember 2018 menjadi bulan dengan catatan kejadian bencana alam mendera sejumlah wilayah di Indonesia. Mulai dari gempa, longsor, hingga tsunami. Tempat kejadiannya pun tidak di satu pulau saja seperti Jawa, Lombok, Sulawesi, tetapi juga hingga Pulau Sumatra.

Meskipun daerah Kepulauan Riau tidak (Kepri) berada didaerah gempa tapi gelombang tinggi selalu menjadi ancaman pada saat musim angin utara melanda.

Musim angin utara diperkiraan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Kepulauan Riau, akan terjadi pada Februari 2019. 

Meskipun demikian, kita tidak dapat memastikannya karena di tahun sebelumnya terjadi di akhir tahun.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim, Suratman mengatakan dua daerah yang rawan gelombang tinggi di Kepulauan Riau yaitu perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

"Daerah di Kepri yang rawan gelombang tinggi adalah laut natuna dan laut anambas terutama pada saat angin bertiup dari arah utara dikarenakan berhadapan langsung dengan Laut China Selatan," ujar Suratman.

Suratman juga menambahkan adapun rawan dampak tsunami secara teori masih sangat minim. Kepri jauh dari daerah yang rawan gempa ataupun longsoran akibat erupsi gunung berapi.

Warga di sekitaran pantai seperti nelayan diminta untuk selalu waspada di akhir tahun ini. Musim angin utara bisa menyebabkan gelombang tinggi dan mengganggu pelayaran.

(sya)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews