Harga Tiket Pesawat Naik, Suwarso: Belum Lampaui Batas Atas

Harga Tiket Pesawat Naik, Suwarso: Belum Lampaui Batas Atas

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. (Foto: Syafril/Batamnews)

Batam  - Harga tiket pesawat mengalami kenaikan di momen Natal dan Tahun Baru. Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan kenaikan harga tiket masih dalam batas kewajaran.

"Tapi sejauh ini yang kami lihat, harga tiket yang diberlakukan belum melampaui batas atas," kata Suwarso saat ditemui di Bandara Hang Nadim, Batam, Jumat (21/12/2018).

Suwarso telah meminta kepada Dinas Perhubungan agar mengawasi kenaikan harga tiket ini. Suwarso tidak ingin terjadi kenaikan yang signifikan sehingga membuat calon penumpang kesulitan.

Lonjakan harga tiket menjelang momen liburan memang terus terjadi. Sebagai contoh, dikutip dari laman pemesanan tiket pesawat Traveloka, tarif pesawat Lion Air dari Batam menuju Jakarta pada 22 Desember 2018 dijual dengan harga termurah Rp 1,3 juta.

Sementara untuk rute yang sama, Sriwijaya menjual tiket dengan harga Rp 1,5 juta. Sedangkan di hari biasa seperti sebulan setelahnya, 22 Januari 2019, tiket Lion Air dijual seharga Rp 648 ribu dan Citilink Rp 945 ribu.

Distrik Manager Lion Group Batam, M Zaini Bire mengatakan hal ini wajar karena berada dalam masa peak season (puncak liburan). 

"Sekarang sudah masuk masa peak season 14 Desember 2018 - 13 Januari 2019. Karena permintaan meningkat jadi harga pun disesuaikan," jelas M Zaini Bire.

Ketentuan mengenai tarif batas atas dan tarif batas bawah penerbangan dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016. 

(sya)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews