Pengemudi Ini Terpantau Main Ponsel Saat Mobil Melaju 80 Km/Jam

Pengemudi Ini Terpantau Main Ponsel Saat Mobil Melaju 80 Km/Jam

Pengemudi di Australia terpantau menggunakan ponsel saat mobil melaju di kecepatan 80 km/jam. (Foto: ABC News).

New South Wales - Pengemudi mobil di Australia kini tak bisa lagi sembarangan berkendara. Pemerintah setempat memasang kamera pemantau berteknologi canggih.

Kamera pengawas yang dipasang pemerintah New South Wales (NSW) ini tak hanya memantau pengemudi mobil yang melanggar aturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah.

Gerak-gerik pengemudi di belakang setir pun terpantau dengan jelas, seperti saat menggunakan ponsel sambil berkendara.

Dilansir ABC Australia, kamera definisi tinggi baru ini mampu mendeteksi lebih dari 11.000 pengemudi dalam sehari yang kedapatan menggunakan ponsel mereka saat berkemudi selama dilakukannya uji coba selama sebulan pada Oktober 2018 lalu

"Yang mengejutkan, seorang pengemudi tertangkap kamera dengan dua tangannya menggenggam teleponnya sementara penumpangnya mengarahkan mobil dengan kecepatan 80 km per jam, tindakan itu membuat semua orang di jalan beresiko," kata Menteri Jalan NSW, Melinda Pavey.

Tiga perusahaan teknologi mengambil bagian dalam periode pengujian ini, dengan Acusensus perusahaan Australia memilih lokasi percobaan kamera mereka di persimpangan M4 dan saat digelar Parade Anzac sejak Januari lalu.

Kamera ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi orang-orang yang secara ilegal menggunakan ponsel mereka saat mengemudi dan dapat digunakan di semua cuaca, siang atau malam.

Menteri Melinda Pavey mengatakan tidak ada denda yang akan dikeluarkan selama periode uji coba ini.

"Jika, pada akhir masa uji coba, teknologi ini terbukti bisa diandalkan, masyarakat akan menjadi subyek pengawasan kamera ini secara permanennya," katanya.

Menteri Melinda Pavey juga mengatakan ada dukungan yang kuat di masyarakat atas penggunaan kamera ini dan dirinya berharap kamera pengawas ini akan mengubah perilaku mereka dalam mengemudi demi keselamatan nyawa dia dan orang banyak.

Kamera-kamera itu dikembangkan oleh Alex Jannink dari Acusensus setelah temannya tewas oleh seorang pengemudi yang perhatiannya teralihkan ketika menggunakan ponsel mereka.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews