Disdukcapil Karimun Miliki Alat Perekam KTP Keliling

Disdukcapil Karimun Miliki Alat Perekam KTP Keliling

Penyerahan Kendaraan Operasional Disdukcapil Karimun (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun menerima bantuan alat perekam KTP keliling (Mobile Ennrollment), serta sepeda motor operasional dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sutrisno.

Sepeda motor dan alat perekam KTP keliling itu merupakan program nasional dari pemerintah pusat. Untuk Indonesia, ada 40 unit yang akan disebar ke wilayah perbatasan.

"Diharapkan dapat memberikan dorongan, khususnya daerah perbatasan dan wilayah Timur. Sehingga dapat mencapai target dalam perekaman (e-KTP)," ujar Sutrisno, kemarin.

Mobile Ennrollment merupakan alat perekam yang dapat digunakan di dalam atau luar ruangan. Ini merupakan salah satu solusi perekaman biodata dan biometrik penduduk.

Alat tersebut dilengkapi dengan hardware dan software yang andal. Perangkat ini mampu menghasilkan kualitas data yang baik.

"Untuk pengoperasuan langsung menggunakan satelit, dan tidak terkendala dalam situasi apapun," kata dia.

Sementara itu, Kadisdukcapil Kabupaten Karimun, Muhammad Tahar menyebutkan, bahwa dengan adanya dukungan dan dorongan dari pemerintah pusat, diharapkan Karimun dapat menyelesaikan program e-KTP nasional.

"Kita akan manfaatkan kendaraan operasional ini untuk mensukseskan program pemerintah, serta didukung dengan Mobil Ennrollment yang bisa beroperasi di mana saja," kata Tahar.

Sementara itu, untuk Provinsi Kepulauan Riau, hanya dua daerah yang mendapat bantuan dari pemerintah. Karena letak dan geografis dengan medan yang sulit dijangkau.

"Untuk Kepri, Kabupaten Karimun dan Natuna yang mendapat bantuan," ujarnya.

(aha)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews