Angin Puting Beliung Menderu di Langit Nongsa, Begini Penampakannya

Angin Puting Beliung Menderu di Langit Nongsa, Begini Penampakannya

Angin puting beliung yang terpantau berputar di selatan Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: istimewa).

Batam - Angin puting beliung terpantau terjadi kawasan Nongsa, Batam pada Selasa (11/12/2018) siang. Sejauh ini belum ada laporan mengenai imbas puting beliung ini.

Angin puting beliung terlihat mendekat ke arah Bandara Hang Nadim Batam. Selain itu, cuaca Kota Batam juga dilanda hujan lebat, petir disertai angin kencang. 

Kepala Bandara Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan, hanya ada satu pesawat Lion Air dari Surabaya delay 10 menit. "Itu saja, Alhamdulillah bandara aman," katanya.

Ia melanjutkan, angin puting beliung berada cukup jauh dari bandara. "Tidak sampai ke bandara, posisinya selatan bandara," kata dia.

Suwarso mengatakan, puting beliung tidak berlangsung lama. "5 sampai 7 menit lah," ujarnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam Suratman mengatakan, awan cummulonimbus yang menyebabkan terjadinya angin puting beliung tersebut.

Sebelumnya BMKG juga sudah memperingatkan akan terjadi hujan ringan hingga lebat di Kota Batam. Diperkirakan, kondisi akan berlangsung sampai pukul 15.30 wib.

Pusaran angin puting beliung tersebut terlihat cukup besar. Namun, pantauan Batamnews.co.id, angin tersebut terjadi hanya beberapa menit saja. 

"Sudah hilang," kata salah seorang warga yang berada di Bandara Hang Nadim International Batam. 

(tan)
 


Berita Terkait