Lukita Dinarsyah Tuwo Tetap Yakin Ekonomi Tumbuh 7 Persen

Lukita Dinarsyah Tuwo Tetap Yakin Ekonomi Tumbuh 7 Persen

Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo. (Foto: Johannes/Batamnews)

Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam tetap optimis pertumbuhan ekonomi Kepri bisa tumbuh 7 persen di tahun 2019. Hal ini sesuai komitmennya saat pertama kali menjabat sebagai kepala BP Batam.

Walaupun Bank Indonesia sesuai dengan hasil assestment yang telah mereka selenggarakan sampai awal November lalu, pertumbuhan ekonomi Kepulauam Riau tahun 2019 diperkirakan tumbuh 4,2 persen - 4,6 persen.

“Kita masih tetap yakin, dua tahun 7 persen,” ujar Lukita, di Harris Hotel Batam, Senin (10/12/2018).

Ia menyampaikan ada beberapa strategi BP Batam untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen, diantaranya mempercepat belanja BP Batam dan Pemerintah daerah sejak awal tahun 2019.

“Makanya staf di BP Batam saya perintahkan segera melakukan lelang yang menjadi proyek BP Batam,” katanya.

Kemudian mendorong investasi di Batam, baik yang investasi baru dan atau perluasan kapasitas. Tujuannya untuk menggerakkan roda perekonomian di Batam.

“Yaitu mengawal realisasi investasi melalui peningkatan pelayanan dan mempercepat perizinan serta mengawasi dengan pelaksanaan rencana bisnis perusahaan yang telah melaporkan Skep/SPJ,” jelasnya.

Lalu mendukung operasional perusahaan-perusahaan yang akan melakukan ekspansi usaha atau meningkatkan operasinya. Seperti Mc dermott, Caterpillar ada produk pindahkan ke Batam, Ciba vision, dan Rubycon.

Strategi lain juga mendorong sektor industri komoditas ekspor dalam upaya mengakselerasi ekspor non migas. Dan pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi Batam secara khusus dan kepri secara umum

“Serta memeperkuat daya beli masyarakat batam, kepri melalu pengendalian inflasi pada kisaran kurang lebih 3 persen,” katanya.

(ret)