Batam Banyak Iven Tapi Kunjungan Wisman Biasa Saja

Batam Banyak Iven Tapi Kunjungan Wisman Biasa Saja

Kedatangan warga asing melalui pintu keluar Pelabuhan Internasional Batam Centre. (Foto: Diah/batamnews).

Batam - Ajang iven budaya hingga musik yang diadakan di Kota Batam, dinilai tak memiliki pengaruh dalam meningkatkan jumlah kedatangan wisawatan mancanegara (wisman).

Kedatangan warga asing dari Malaysia maupun Singapura dianggap hal yang biasa terjadi setiap pekannya, terutama saat akhir pekan.

Seperti yang terlihat di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Sabtu (8/12/2018) sore. Tak ada lonjakan berarti kedatangan warga asing.

Padahal, dalam dua hari hingga Minggu (9/12/2018) besok ada kegiatan karnaval di kawasan Nagoya dan sejumah iven lain yang dihelat swasta.

Kabag Operasional PT Synergi Tharada, Lilik mengatakan, jumlah pengunjung Pelabuhan Internasional Batam Centre masih berjalan normal, tidak ada pelonjakan jumlah pengunjung untuk weekend ini.

“Dalam pantauan CCTv, kedatangan masih lancar, tidak ada kepadatan,” katanya.

Lilik menjelaskan, jumlah wisatawan sampai puluhan ribu merupakan hal biasa setiap minggunya. “Setiap weekend angka pengunjung segitu normal,” ucap Lilik

Lilik menambahkan jika wisatawan Singapura datang ke Indonesia bukan untuk melihat iven di Batam. “Mereka kan datang untuk liburan, ya shopping, kulineran,” ungkapnya.

Lilik membandingkan jumlah wisatawan Indonesia ke negara tetangga jauh lebih sedikit dibanding jumlah wisatawan mancanegara yang datang. 

“Sampai jam 4 sore ini saja yang boarding sudah mencapai 6.105, wisatawan asing yang datang bisa mencapai angka 10 ribu,” ujarnya.

Hotel dan resort masih menjadi tujuan utama wisatawan dari Singapura. Batam menjadi alternatif tempat wisatan pelancong mancanegara karena lokasi dekat serta harga yang jauh lebih terjangkau. 

Hal ini dibenarkan oleh Irwan, penjemput turis dari Hotel Radisson. “Setiap minggu jemputan kami memang banyak, mereka biasanya wisatawan yang sudah membeli paket liburan di agen tempat asalnya,” jelasnya.

(das)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews