Lanal Karimun Sosialisasi Keselamatan Berlayar Pada Nelayan

Lanal Karimun Sosialisasi Keselamatan Berlayar Pada Nelayan

Foto: Edo/Batamnews

Karimun - Pos Angkatan Laut (Posal) Leho Tebing, Lanal Tanjungbalai Karimun, melakukan sosialisasi keselamatan berlayar. Sasaran kali ini kepada nelayan di perairan Karimun Anak.

Kegiatan bertujuan untuk mengantisipasi kecelakaan laut disaat cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Posal Leho bersama Camat dan unsur Muspika Kecamatan Tebing langsung mengahampiri nelayan, Rabu (28/11/2018).

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Catur Yugiantoro mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan mengingat saat ini cuaca di Karimun sering berubah-ubah. Hal itu berpotensi membahayakan nelayan khususnya yang berada di Perairan Kecamatan Tebing.

"Kita memberikan imbauan mengenai keselamatan berlayar kepada nelayan. Kami minta nelayan dapat memperhatikan keselamatan dengan membawa alat keselamatan seperti life jacket. Ini penting untuk mengantisipasi perubahan cuaca," ujar Catur, Kamis (29/11/2018).

Sehingga, dengan sosialisasi dilakukan, harapannya dapat mengurangi potensi terjadinya hal tidak diinginkan di laut. Para nelayan juga diminta untum melihat situasi sebelum terjun ke laut.

"Tentu kewaspadaan nelayan harus ditingkatkan, dan selalu melihat cuaca terlebih dahulu sebelum berangkat. Apabila tidak memungkinkan, sebaiknya jangan dipaksakan," katanya.

Danlanal juga mengatakan, apabila nelayan menemukan permasalahan di laut, diharapkan dapat sesegera mungkin berkoordinasi atau menghubungi Pos Angkatan Laut terdekat, yaitu Posal Leho jajaran Lanal TBK dan unsur muspika Kecamatan Tebing.

"Apabila ada masalah, segera laporkan sehingga kita langsung dapat turun untuk membantu," katanya.

Kegiatan itu sekaligus memberi kesadaran pada masyarakat nelayan untuk tidak membuang sampah di laut dan menjaga lingkungan guna melestarikan biota laut.

"Selain keselamatan berlayar, kita juga berikan pemahaman kepada mereka untuk sama- sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah dilaut. Laut bersih tentu kita juga yang akan mendapatkan dampaknya," kata Catur.

Kegiatan sosialisasi tersebut, disejalankan dengan peninjauan keramba apung dan patroli bersama. Serta kunjungan kerja Camat Tebing bersama Muspika ke Posal Leho di Kelurahan Teluk Uma.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews