Peringatan HKN ke-54

Dua Puskesmas Bintan Dapat Sertifikat Akreditasi Madya

Dua Puskesmas Bintan Dapat Sertifikat Akreditasi Madya

Tim medis Puskesmas Kijang mengecek gula darah Bupati Bintan, Apri Sujadi. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Sempena Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menetapkan dua puskesmas di Kabupaten Bintan lulus Akreditasi Tingkat Madya.

Dua Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Kijang dan Teluk Bintan.  Sertifikat akreditasi itu diserahkan secara langsung oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi di Halaman UPTD Puskesmas Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (17/11/2018).

Apri mengatakan seluruh puskesmas harus mampu mengimplementasikan berbagai kebijakan di bidang kesehatan yang telah dicanangkan Pemkab Bintan. Khususnya bagi tenaga pelayanan kesehatan.

"Ingat, jangan sampai program yang telah dikonsep dengan baik menjadi cacat karena kurangnya pelayanan dalam penerapan," ujar Apri usai jalan santai dan senam sehat sempena HKN Ke 54 itu.

Apri juga menghimbau kepada seluruh masyarakat  untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga sampai ke lingkungan sekitar.

"Hidup sehat kita yang mulai, perhatian di bidang kesehatan memang menjadi prioritas. Tapi alangkah lebih baik kalau kita mampu menjaga diri dan berusaha terhindar dari penyakit," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gamma Isnaeni mengatakan akreditasi ini diberikan sesuai standarisasi yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI.

"Yang menilai dan menetapkan akreditasi itu FKTP. Untuk tingkatannya, kedua puskesmas mendapatkan madya," sebutnya.

Ada tiga kategori yang dinilai FKTP dalam memberikan sertifikat akreditasi tersebut. Yaitu sistem administrasi puskesmas, sistem pelayanan puskesmas dan upaya keterlibatan masyarakat di bidang kesehatan.

"Selain kedua puskesmas itu, Pak Bupati juga berikan penghargaan tenaga kesehatan teladan dan posyandu terbaik se Bintan," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews