Pelindo dan Panbil Bakal Kelola Terminal Pelabuhan Baru Karimun

Pelindo dan Panbil Bakal Kelola Terminal Pelabuhan Baru Karimun

Proses pembangunan pelabuhan di Tanjung Penagak, Tebih yang terus dikebut. (Foto: istimewa/lendoot)

Karimun - Pelindo I cabang Tanjungbalai dan Panbil Grup bakal berkolaborasi dengan Pemkab Karimun untuk mengelola pelabuhan baru di Tanjung Penagak, Kecamatan Tebing. Saat ini, proses pembangunan pelabuhan itu terus digesa. 

General Manager PT Pelindo I Tanjungbalai Karimun, Syahri Ramadan, mengatakan kalau pihaknya akan menjadi pengelola terminal, sama seperti di pelabuhan domestik dan internasional saat ini.

"Kita yang kelola seperti di pelabuhan lama. Nanti tiga instansi ada di sana. Pelindo, Panbil dan Pemda. Tentunya nanti juga akan ada rapat final," kata Syahri, kemarin.

Saat ini, Pelindo masih mengurus izin mengenai rencana induk pelabuhan. Sementara, untuk proses pembangunan pelabuhan terus dikebut Panbil Grup.

"Mudah-mudahan terealisasi. Sepanjang legalitas dalam on progres selesai, tahun 2020 sudah bisa beroperasi," ujar dia.

Untuk pelayanan yang baru, pihaknya masih menunggu realisasi dari Pelindo Pusat. Seperti mengenai penggunakan pass, tiket dan berting atau sandar kapal dengan sistem elektronik seperti di Tanjungpinang.

"Nanti pass dan tiket juga elektronik. Akan ditunjuk bank-bank pemerintah untuk kerjasama. Tahun lalu kita sudah sosialisasi dan akan disosialisasikan lagi," ucap Syahri.

Meskipun akan mengelola pelabuhan baru, namun PT Pelindo tetap akan membenahi pelabuhan yang saat ini beroperasi.

"Kita tetap memberikan pelayanan yang prima sambil kita menunggu perkembangan terminal penumpang yang baru. Karena kita sudah mendapatkan penghargaan pelayanan prima dari Kemenhub tingkat madya," kata dia.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews