Pelabuhan SBP Tanjungpinang Berlakukan Transaksi Non Tunai

Peluncuran pelayanan E-pass dan E-parking itu salah satu tujuan dari Pelindo menuju layanan full smart terminal Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto: Afriadi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Transaksi non tunai direncanakan berlaku di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Tanjungpinang.

General Manejer PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan, saat ini pihaknya telah mulai menerapkan E-pass pelabuhan dan E-parking.

Peluncuran pelayanan E-pass dan E-parking itu salah satu tujuan dari Pelindo menuju layanan full smart terminal Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

"Kita akan terus sosialisasikan agar masyarakat memahami transaksi non tunai. Dari E-pass ke depan akan ditingkatkan menjadi E-tiket, E-parking, dan E-food," kata dia, Selasa (12/6/2018).

Lanjut, kata Wayan, untuk memperoleh kartu E-pass ini pihaknya bekerja sama dengan empat bank. Adapun kartu yang bisa digunakan adalah BRIZZI, Tapcash BNI, E-money Mandiri, Flazz BCA. Masyarakat dapat bisa memperoleh kartunya di bank masing-masing.

"Nantinya pass pelabuhan akan melaksanakn non tunai. Jadi, masyarakat harus memiliki kartu passnya," ujar dia.

Ia mengatakan, untuk E-parking baru bisa digunakan mengunakan kartu E-money Mandiri. Sementara untuk bank lainnya belum bisa digunakan.

"Kedepannya insya allah semuanya bank sudah bisa digunakan, saat ini baru bank mandiri, itu untuk E-parking," katanya.

Ia menuturkan, pemberlakuan sistem non tunai itu transaksi lebih transparan dan efisien. Selain itu para pengunjung pelabuhan juga tak perlu menyiapkan lagi uang recehan untuk membayar parkir dan pass pelabuhan.

"Biasanya ngantre untuk mendapatkan pass pelabuhan, kan ini sudah tidak lagi,"sebutnya.

(adi)

SHARE US :