4 Camilan Finger Food Kaya Gizi untuk Bayi

4 Camilan Finger Food Kaya Gizi untuk Bayi

Ilustrasi

Jakarta - Memberi makanan pada bayi yang berusia di atas 6 bulan memang jadi tantang tersendiri bagi para ibu. Banyak pertimbangan yang dilakukan. Mulai dari kandungan gizi, tekstur, rasa dan tentunya melatih oral motorik si kecil.

Bukan hanya makanan utama, sediakan juga camilan ringan yang mudah digenggam buah hati atau finger food. Cara ini juga melatih motorik tangan dan membiasakannya untuk makan sendiri.

Ada banyak sekali jenis finger food yang bisa diolah sendiri untuk si kecil. Berikut 4 camilan yang mudah dibuat dan kaya gizi

- Kacang polong kukus

Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, kukus saja kacang polong hingga teksturnya lembut. Kacang polong hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi perkembangan otaknya.

- Wortel dan kentang kukus

Tekstur wortel dan kentan agak keras dan sangat pas untuk melatih oral motorik bayi. Untuk bayi memang sebaiknya dikukus hingga empuk, tapi usahakan meningkatkan level teksturnya agak lebih kerasa sesuai pertambahan usia. Hal ini untuk melatihnya mengunyah.

- Ayam bumbu 

Bagi Anda yang ingin meningkatkan bobot tubuh anak, menu ini bisa jadi pilihan. Olah dada ayam dengan bumbu, dan kukus hingga bumbu menyerap dan matang. Potong kecil sehingga mudah digenggam si kecil. Ayam pun jadi camilan sehat.

- Melon atau semangka

Buah yang satu ini sangat kaya vitamin dan mineral. Sesekali jangan diberikan dalam bentuk jus cair, tapi dalam bentuk potongan. Tak masalah jika Anda ingin memberikannya dalam kondisi dingin. Biasanya si kecil jadi lebih menyukainya.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews