Bersihkan Paru-paru Perokok dengan 5 Makanan Ini

Bersihkan Paru-paru Perokok dengan 5 Makanan Ini

Ilustrasi (Foto" jawapos.com)

Batam - Merokok dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke dan masih banyak lagi. Meskipun sudah jelas kalau merokok itu banyak buruknya untuk kesehatan tubuh, tapi para perokok tetap saja rutin melakukan kebiasannya.

Ya memang, berhenti merokok itu sangat sulit dan bahkan bagi sebagian orang mustahil dilakukan. Tapi jika ingin tetap merokok, coba imbangi dengan mengkonsumsi banyak makanan sehat, terutama yang mampu menangkal zat beracun pada rokok.

Seperti yang kita ketahui, rokok lebih cenderung menyerang paru-paru dan jantung. Oleh sebab itu, para perokok harus sering mengkonsumsi makanan yang bisa membersihkan paru-paru dari zat beracun dan sel kanker. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini tentang makanan-makanan pembersih paru-paru.

1. Kunyit

Kunyit kaya akan zat curcumin yang berfungsi untuk menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kunyit yaitu dengan merebusnya, lalu minum airnya. Atau bisa juga dengan cara ditumbuh sampai halus kemudian dimakan. Memang rasanya bakalan pahit, tapi manfaatnya manis.

2. Yogurt 

Yogurt alami (tidak dicampur dengan gula berlebihan), mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dua zat tersebut dapat membersihkan hati dan paru-paru dari sel kanker. Jadi sangat cocok bila yogurt dikonsumsi para perokok.

3. Jahe

Jahe mengandung zat antiseptik dan antibakteri yang dapat menyehatkan paru-paru. Zat tersebut juga akan menangkal radikal bebas dan membuat rongga pernapasan lebih lega sehingga bernapas jadi lebih enak.

Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara diminum atau lebih baiknya lagi Anda mengunyahnya secara langsung.

4. Telur

Para perokok, rajin-rajinlah makan telur karena telur mengandung zat selenium yang dapat memperkuat paru-paru. Dalam kata lain, sel-sel kanker tidak akan mampu menempel pada paru-paru.

5. Bawang putih

Selain kunyit, bahan yang sering kita gunakan dalam masakan yang ternyata bermanfaat untuk paru-paru yaitu bawang putih. Senyawa alicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang bisa memicu infeksi paru-paru. Sehingga paru-paru tetap terjaga dari penyakit.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews