Sayangilah Jantungmu Sebelum Berhenti Berdetak

Sayangilah Jantungmu Sebelum Berhenti Berdetak

Umi Salma bersama pegiat senam jantung sehat di sela Senam Sehat Batamnews. (Foto: Yude/batamnews).

Batam - Menjaga kesehatan itu penting. Salah satu organ tubuh yang harus dijaga adalah jantung.

Banyak orang mengeluarkan biaya besar saat organ jantungnya bermasalah. Padahal, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung ini.

Sayangilah jantung Anda. Jantungku, jantungmu, jantung kita semua, sebelum berhenti berdetak. Itulah pesan Umi Salama, pendiri klub Senam Jantung Sehat Instruktur Batam. 

Klub Senam Jantung Sehat Instruktur Batam sudah ada sejak 2015. Umi Salma mendirikan klub itu setelah mengikuti pelatihan di Tanjungpinang.

Umi sebelumnya juga menjadi instruktur senam aerobik dan zumba. Dia tergerak mendirikan Klub Senam Jantung Sehat Batam karena belum ada klub untuk senam jantung sehat.

Selain itu, Umi juga terinspirasi oleh temannya yang meninggal dunia karena sakit jantung dan pernah melihat orang meninggal karena sakit jantung. Padahal awalnya masih tampak sehat.

Awal dia mendirikan klub ini tidaklah gampang. Masyarakat awam mengira senam jantung sehat ini hanya untuk lansia saja, tapi tidak menurut dia.

"Ini senam untuk semua kalangan. Dari remaja, dewasa dan sampai ke lansia," ujar wanita 42 tahun yang masih terlihat muda tersebut setelah mengikuti Senam Sehat Batamnews, Sabtu (10/11/2018) pagi.

Kala itu anggota senam jantung Umi hanya tujuh orang di Batam, hingga akhirnya sudah mencapai ratusan member di enam cabang di kota Batam yang ikut serta. Anggota membernya dari yang muda hingga yang tua.

Umi berpesan kepada anak-anak muda sekarang bahwa jagalah jantung agar tetap sehat. Karena banyak anak-anak sekarang yang kecilnya sudah merokok.

"Untuk anak-anak remaja, jagalah pola hidup sehat karena banyak anak-anak sekarang itu yang kenak serangan jantung," ucapnya.

Senam jantung sehat ini mempunyai gerakan sendiri dan tidak bisa diubah gerakannya. Berbeda dengan senam aerobik atau senam zumba.

"Senam jantung sehat mempunyai enam seri gerakan, kita tidak bisa karang-karang sendiri. Itulah jantung sehat, dia tidak sama dengan yang lain," kata Umi.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews