Kemenhub Bakal Lakukan Audit Khusus ke Lion Air

Kemenhub Bakal Lakukan Audit Khusus ke Lion Air

Lion Air

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan melaksanakan audit khusus ke pihak Lion Air. Hal ini dilaksanakan setelah melakukan investigasi pada Boeing 737 Max.

"Kita akan special audit juga SOP-nya. Kita akan lakukan special audit awak-awak pesawatnya. Semua pilot-pilot dari Boeing 737 itu akan kita (lakukan) assessment," ujar Menhub Budi di kantor Kemenhub, Jumat (2/11).

Menhub Budi juga tak menutup kemungkinan akan melakukan audit ke pihak manufaktur. Utusan Beoing pun sudah tiba di Indonesia dan bekerja bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Sebelumnya, CEO Boeing Dennis Muilenburg berjanji akan mengirimkan utusan berupa tenaga ahli untuk memberi bantuan. Butuh enam bulan untuk pihak KNKT untuk mendapatkan kesimpulan mengenai blackbox Lion Air.

"Memang cukup lama, paling tidak enam bulan, karena ada suatu proses yang perlu dilakukan," jelas Menhub Budi.

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan akan meminta pendampingan dari pihak internasional seperti IATA dan EU. Pasalnya, dia tak mau Indonesia kembali dicekal. Meski begitu, ia menegaskan untuk mengutamakan segi layanan, bukan bisnis.

"Bukan bisnisnya yang kita lihat, tapi layanannya. Kalau bisnis itu risiko bisnis, kalau layanan itu masyarakat," tandasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews