Dosen UMRAH Latih Penggunaan LMS ke Guru SMAN 6 Tanjungpinang

Dosen UMRAH Latih Penggunaan LMS ke Guru  SMAN 6 Tanjungpinang

Foto: Afriadi/Batamnews

Tanjungpinang -  Para guru SMA Negeri 6 Tanjungpinang sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan penggunaan Learning Management System (LMS) yang digelar oleh Dosen Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH Tanjungpinang.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan agenda tahunan wajib prodi pendidikan Biologi FKIP UMRAH dengan tujuan memberikan sosialisasi serta pelatihan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis mobile learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

"Kegiatan ini berlangsung sebanyak dua kali, pertemuan pertama menjelaskan  menjelaskan mengenai Mobile Learning Management System dan pertemuan kedua memberikan bimbingan kepada guru untuk menerapkan mobile Mobile Learning Management System dengan menggunakan aplikasi Edmodo dalam pembelajaran," kata ketua pengabdian kepada masyarakat Nurul Asikin, Rabu (31/10/2018).

Nurul Asikin menjelaskan, Mobile Learning Management System (LMS) merupakan desain pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat diakses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik.

"Bukan hanya bahan ajar, guru juga bisa memberikan tugas serta penilaian kepada siswa melalui pembelajaran berbasis mobile ini,"jelasnya.

Ia melanjutkan, salah satu aplikasi yang bisa di gunakan oleh guru adalah Edmodo. Merupakan sebuah aplikasi mobile learning fitur tampilan mirip dengan facebook sehingga sangat mudah digunakan atau diterapkan dalam pembelajaran.

"Memberi pelatihan bagaimana cara menggunakannya, dan manfaat yang bisa diambil dengan perkembangan teknologi di era saat ini," ujarnya.

Kegiatan ini di laksanakan oleh para  dosen biologi yaitu Nurul Asikin, Bony Irawan, dan Trisna Amelia.

Setelah kegiatan pelantikan dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari ketua pengabdian kepada masyarakat Nurul Asikin kepada kepala SMA Negeri 6 Tanjungpinang Daman Huri.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews