Pemkab Bintan Beri Penghargaan Champion Gender

7 Tokoh Bintan Ini Diapresiasi Sebagai Pahlawan Kesetaraan Gender

7 Tokoh Bintan Ini Diapresiasi Sebagai Pahlawan Kesetaraan Gender

Wabup Bintan, Dalmasri Syam menyerahkan penghargaan Champion Gender kepada Dirut PD BPR Bintan, Radhiah Razak. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender (PUG) Bintan memberikan penghargaan Champion Gender kepada 7 tokoh yang dianggap super hero karena berperan besar terhadap PUG di Kabupaten Bintan.

7 tokoh super hero itu adalah Dirut PD BPR Bintan Radhiah Razak (Anak dari Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri),  Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti (Istri dari Bupati Bintan), Anggota DPRD Bintan Fraksi Golkar Fiven Sumanti, PATBM Kelurahan Sei Lekop Kecamatan Bintan Timur Suparman, Direktur Bhadra Resort Alex Sugianto, Pengurus TP PKK Bintan Ellen Ranier Anatje dan Kader PPKBD Bintan Andi Mudara.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam mengatakan persoalan kesetaraan gender menjadi prioritas penting di berbagai daerah. Karena banyak kasus ketidakadilan gender yang telah terjadi seperti marginalisasi, subordinasi, marginal maupun stereotipi.

"7 orang ini berperan besar terhadap PUG di Bintan. Maka sudah selayaknya diberikan penghargaan Champion Gender. Mereka juga super hero yang memiliki dedikasi tinggi dan berkomitmen dalam memperjuangkan terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender," ujar Dalmasri, Rabu (24/10/2018).

PUG ini, kata Dalmasri, terus digencarkan di berbagai daerah. Hal ini sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2000, Permendagri Nomor 67 Tahun 2011, SEB 4 Menteri (Men Bappenas, Menkeu, Mendagri dan KPPPA), Perpres Nomor 2 Tahun 2015 dan diperkuat dengan UU Nomor 23 Tahun 2014.

Menindaklanjuti kewajiban dimaksud, Pokja PUG Bintan akan melakukan peningkatan berbagai kebijakan dan program PUG di Bintan untuk kedepannya.

"Kesetaraan gender bukan perihal baru. Ini memang salah satu prioritas Pemerintah Pusat dan juga amanah dari UUD. Jadi kita semua harus siap mendukung dan memaksimalkan PUG," jelasnya.

Dihimbau agar seluruh pihak yang telah terlibat baik dari kalangan aparatur pemerintah maupun swasta dapat sama-sama bersinergi mengoptimalkan target PUG yang telah ditetapkan.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews