5 Tips Jitu Meluangkan Family Time Buat Kamu yang Sibuk Kerja

Ilustrasi

Jakarta - Waktu adalah hal yang cukup mahal di era sekarang, orang perlu pintar-pintar dalam membaginya. Adakalanya, kesibukan pekerjaan atau jadwal kegiatan yang padat membuat kita kesulitan menyisihkan waktu dengan keluarga. Padahal, momen kehangatan bersama keluarga gak bisa tergantikan dengan uang atau hal-hal material lainnya.

Buat mencuri waktu di sela-sela kegiatan harian yang sering melelahkan, ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Tanamkan bahwa berkumpul sama keluarga bisa jadi waktu istirahat yang pas dari rutinitas

Tuntutan hidup yang makin tinggi membuat seseorang kalang kabut buat banting tulang memenuhi kebutuhan. Tak ayal sebagian orang justru lupa dengan mereka yang sebenarnya sedang diperjuangkan, yaitu keluarga di rumah. 

Meski jadwal kian padat dan mungkin gak bisa dipangkas, keseimbangan antara bekerja dan istirahat juga perlu diperhatikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan buat menyiasatinya adalah dengan mengingatkan diri bahwa berkumpul dengan keluarga bisa jadi sarana yang tepat untuk melepas penat. 

Layaknya dua tiga pulau terlampaui, ngobrol santai setelah bekerja bisa jadi salah satu cara yang tepat. 

2. Bikin jadwal

Asal mau menyisihkan sedikit waktu, pasti ada sela-sela waktu di tengah pekerjaan yang bisa kamu curi. Misalnya saja saat kamu mendapatkan waktu kosong di tanggal merah atau weekend, kamu bisa merencanakan kegiatan akhir pekan di rumah maupun luar kota yang sekiranya masih bisa dijangkau.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti masak bareng atau olahraga pagi. Membuat jadwal atau merencanakan apa yang akan kamu lakukan akan membuat waktu bersama keluarga bisa tertata rapi.

3. Makan bersama

Cara yang cukup simple lainnya adalah dengan makan bersama. Entah itu makan bersama di pagi atau malam hari, upayakan untuk setidaknya bisa satu meja makan. Meski hanya kegiatan sederhana gini, kehangatan saat makan bersama di satu meja makan akan jadi rutinitas harian yang bisa dimanfaatkan.

4. Kerja sambil liburan

Kamu gak perlu takut kerjaan keteteran karena menjadwalkan liburan di luar kota, justru kamu bisa memanfaatkan kerjaan buat liburan bareng keluarga. Meski harus menyamakan waktu yang pas buat pergi bersama, kerja sambil liburan bisa menyenangkan juga lho! 

Buat kamu yang bekerja kantoran, kamu bisa ambil jatah tanggal merah kalau kepengen pergi liburan ke destinasi wisata yang lumayan jauh. Buat kamu yang memiliki pekerjaan dengan waktu yang fleksibel, kamu pasti udah tahu gimana caranya menggunakan momen emas seperti ini bukan.

5. Belanja bareng

Belanja bisa jadi alternatif kegiatan pilihan buat mendekatkan diri bersama keluarga. Setelah mungkin beberapa waktu sibuk dengan deadline masing-masing, kegiatan santai dan sederhana seperti belanja bisa jadi referensi yang cocok. 

Belanja bulanan bersama bareng keluarga bisa kamu canangkan dalam jadwal kamu. Bukan cuma belanja, kamu juga bisa mengunjungi tempat makan yang lagi kekinian. 

Kerja keras bagai kuda boleh saja, tapi hidup juga harus seimbang. Jangan sampai kamu kehilangan momen bersama keluarga hanya karena urusan pekerjaan yang gak ada habisnya.

 Bukan melulu harus pergi ke destinasi wisata jauh ke luar kota, ngobrol di rumah saja bisa jadi alternatif yang efisien, saling bertukar cerita selama sepekan. Semoga beberapa cara di atas bisa cukup membantu ya!

(pkd)


Berita Terkait