Pencoleng Kapal Kargo Tak Berkutik Diringkus TNI AL

Pencoleng Kapal Kargo Tak Berkutik Diringkus TNI AL

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Jajaran TNI Angkatan Laut menangkap seorang pencuri yang kerap beraksi menjarah barang kapal. Empat pencuri lainnya masih diburu.

Satu pencoleng yang ditangkap berinisial R. Dia diringkus Unit I Jatanrasla Fleet One Quick Responce (F1QR) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang di Pulau Akar, Bulang, Batam. 

Wakil Komandan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, menjelaskan bahwa penangkapan tersebut terjadi pada Kamis 11 Oktober 2018.

Saat itu, Unit 1 Jatanrasla F1QR Lantamal IV menggunakan sea rider berpatroli di sekitar perairan timur Pulau Sambu, kemudian melihat sebuah speedboat yang mencurigakan dari arah perairan Batuampar Batam haluan ke Tanjung Pinggir, Sekupang.

"Selanjutnya speed boat tersebut dikejar. Pada saat bersamaan speed boat merubah haluannya mengarah ke perairan dangkal di hutan bakau Tanjung Pinggir sehingga sea rider Unit 1/Jatanrasla tidak dapat masuk," kata  Imam, Jumat (12/10/2018).

Setelah itu, Unit 1/Jatanrasla F1QR  menggunakan boat pancung mengejar terduga pelaku didalam bakau dan berhasil menemukan speed tanpa pengemudi.

Di dalam speedboat terdapat barang-baramg yakni 1 unit gergaji mesin listrik, 2 buah mesin bor tangan, 1 buah gerinda tangan baterai dan 1 buah baterai, 1 set kunci shock, 1 set kunci, 1 bungkus kabel soket dan alat las serta 2 karung tembaga kabel welding dan kabel welding yang sudah dibuka.

Berdasarkan informasi intelijen diketahui pengemudi speed boat yang ditinggalkan di hutan bakau diketahui berada Pulau Akar. 

"Pelaku berhasil ditangkap 500 meter dari rumahnya yang berada di Pulau Akar Kelurahan Setoko, Bulang Batam," jelasnya.

Hasil pemeriksaan sementara, R mengaku mencuri di atas kapal SV. Lay Vessel 108 berbendera Malta bersama empat rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran.

"Dari pengakuan pelaku melakukan bersama 4 orang temannya berinisial Y pemilik speed boat, T, F dan A, mereka beberapa tempat di Batam," ujarnya.

(adi)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews