Ini 6 Mitos Perawatan Kulit yang Masih Dipercaya Banyak Orang

Ini 6 Mitos Perawatan Kulit yang Masih Dipercaya Banyak Orang

Ilustrasi

Jakarta - Tanpa kita sadari, ada banyak mitos perawatan kulit yang sebenarnya keliru tetapi sering diterapkan oleh wanita dan remaja perempuan. Sering kali tips kecantikan ini juga beredar di media, padahal kebenarannya tidak terbukti. 

Dikutip dari Boldsky, ada enam mitos yang konon sering terdengar oleh masyarakat tentang perawatan kulit. Beginilah faktanya.

1. Jerawat Timbul Akibat Penggunaan Makeup

Setiap orang memiliki batas kepercayaannya masing-masing dalam menggunakan produk kecantikan. Saat memilih jenis kosemtik menjadi penentu dalam kesehatan kulit wajah. Apakah Anda salah satunya?

Terlalu sering menggunakan makeup membuat kulit kurang baik saat bernapas. Penggunaan ini memudahkan jerawat muncul pada area wajah. 

Pemilihan produk kosmetik yang salah pada kulit tentu menyebabkan jerawat bahkan sampai masalah kulit lainnya. Pilihlah produk  perawatan kulit dan makep yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, sehingga tidak menimbulkan efek samping.

2. Tambah Usia Kulit Juga Bertambah Tua

Bertambahnya usia seseorang membuat kesehatan kulit juga menurun, salah satunya penuaan. Penuaan ditandai dengan adanya flek hitam yang mengganggu keindahan wajah para wanita. 

Flek hitam terbentuk karena kulit Anda terkena sinar matahari tanpa perlindungan apa pun. Faktanya, memang paparan sinar matahari adalah alasan utama kerusakan pada kulit yang tak terlindungi dengan baik.

3. Sering Mencuci Muka Dapat Mencegah Jerawat

Ini adalah mitos yang pasti sering didengar. Bukan sekadar mitos, tapi faktanya adalah minyak alami yang dihasilkan oleh kulit Anda menjadi sangat penting untuk kesehatan kulit. Mencuci atau membersihkan minyak alami terlalu sering justru bisa membuat kulit kering. 

Pastikan perawatan kulit yang Anda lakukan dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Ingat, jangan terlalu sering mencuci wajah Anda, gunakan sabun sesuai dengan petunjuk dokter. 

4. Minum Air Untuk Melembabkan Kulit

Banyak orang bilang, dengan minum air bisa mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam, sehingga kulit bisa tampak bersinar. Tapi, tidak cukup dengan air saja. Anda perlu memberikan sentuhan perawatan ekstra agar kulit terasa lebih lembap dan lebih sehat.

5. Tidak Perlu Perlindungan SPF Jika Berawan

Melindungi kulit dari cahaya matahari tentunya menjadi poin utama yang harus dilakukan bagi setiap wanita, yaitu dengan menggunakan tabir surya dengan SPF yang super tinggi tingkatnya, biasanya SPF 30 atau SPF 50. Semakin tinggi angka SPF itu, semakin terlindungi saat dibawah terik matahari.

SPF juga tidak hanya baik digunakan saat terang, namun saat mendung sekali pun SPF bagus untuk tetap diterapkan. Bagaimana dengan Anda? Salah, jika ada orang yang memiliki keyakinan perlindungan dengan SPF ini tidak berfungsi saat langit sedang berawan.

Hanya karena langit tidak cerah bukan berarti Anda bisa melewatkan pengaplikasian tabir surya. Saat cuaca  tidak cerah sekali pun, sinar matahari masih masih dapat membuat kulit terlihat kusam. Dalam cuaca apapun, tabir surya adalah suatu keharusan setiap kali Anda melangkah keluar dari rumah.

6. Scrubbing Membuat Kulit Anda Bebas Minyak Berlebih

Eksfoliasi atau scrubbing adalah proses yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Namun ada anggapan yang salah bahwa menggosok kulit setiap hari akan membantu mengendalikan produksi minyak berlebih. Bahkan, kenyataannya adalah bahwa menggosok kulit Anda setiap hari pada akhirnya akan merusak kulit.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews