Kulitmu Sensitif? Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Perawatan

Kulitmu Sensitif? Jangan Lakukan 6 Kesalahan Ini Saat Perawatan

Ilustrasi

Jakarta - Sebagian orang yang memiliki kulit sensitif memang butuh perawatan yang ekstra. Masalah-masalah seperti berjerawat, kemerahan, hingga gatal-gatal bakal muncuk kalau kita nggak merawat dengan benar.

Meski kita sudah merasa yakin merawat dengan baik, rupanya ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan menyangkut kulit sensitif. Nggak perlu khawatir, berikut ini Grid.ID rangkum beberapa kesalahan tersebut supaya kulit sensitifmu terawat dengan sempurna.

1. Kurang minum air

Ingat aturan minum delapan gelas air sehari?

Meski tiap orang punya kebutuhan air yang berbeda, namun nggak ada salahnya jika kamu memperbanyak konsumsi air tiap hari. Air adalah kunci untuk menjaga kelembapan kulit yang optimal serta untuk memberikan nutrisi penting ke sel-sel kulit.

Kurang air dapat menyebabkan memburuknya kondisi kulit kamu yang sensitif.

Tips: Tambahkan beberapa lemon ke dalam air untuk menikmati manfaat tambahan bagi kulit.
Lemon mampu mendetoksifikasi air, membantu pencernaan, dan dapat mempercantik kulit dari dalam.

2. Pakai air panas untuk mandi atau cuci muka

Kita sering mendengar teori tentang air panas dapat membuka pori-pori dan membuat sabun efektif dalam membersihkan kulit.

Padahal membasuh kulit dengan suhu ekstrim seperti itu sebenarnya dapat menyebabkan iritasi, kekeringan berlebih, dan pecahnya pembuluh darah, yang semuanya kurang ideal ketika untuk kulit sensitif.

Tips: Bermainlah dengan aman, pilih air hangat saat cuci muka dan mandi sebagai gantinya.

3. Pakai sabun dan cleanser berbahan keras

Kesalahan umum lainnya yang kamu lakukan dengan kulit sensitif adalah menggunakan pembersih terlalu keras yang dipenuhi dengan sulfat, dan wewangian. Bahan keras dapat mengupas minyak alami dari kulit, membuat kulit tertarik dan terlalu kering.

Tips: Gunakan produk tanpa sulfat dan wewangian. Usahakan selalu mencoba produk dengan klaim lembut di kulit dan teliti soal komposisi yang terkandung di dalamnya.

4. Memakai produk moisturiser yang nggak tepat

Pelembab sangat penting bagi kulit sensitif. Kamu perlu mengunci kelembapan untuk mencegah kulit kering serta mengurangi gatal, atau kemerahan.

Pastikan untuk melembapkan setiap hari menggunakan moisturiser yang cocok untuk jenis kulit.

Tips: Pilih produk hypoallergenic, yang diuji oleh dokter kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

5. Nggak menguji coba produk sebelum membeli

Beberapa orang sering melewatkan uji coba produk sebelum membeli skincare atau kosmetik. Padahal langkah sederhana ini dapat menyelamatkan kamu dari masalah kulit sensitif.

Tips: Cukup letakkan sedikit produk pada kulit (selain wajah) selama setidaknya 48 jam untuk melihat apakah produk itu memicu reaksi.

6. Terlalu sering eksfoliasi

Exfoliasi mungkin bermanfaat dalam menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran, tetapi melakukannya berlebihan dapat merugikan bagi orang-orang berkulit sensitif.

Nggak cuma menyebabkan kemerahan, iritasi, dan kering, tetapi juga dapat menyebabkan kulit mengelupas atau sensasi terbakar yang nggak nyaman.

Tips: Pastikan bahwa produk exfoliator tidak terlalu keras. Hindari apa pun yang mengandung kacang, cangkang, dan kristal, dan pilihlah eksfoliator kimia, seperti AHA.

Serta, jangan melakukan eksfoliasi lebih dari sekali seminggu.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews