Pertemuan ke-IX Persatuan Marga Yang Se-Indonesia

Ribuan Marga "Yang" dari Berbagai Negara ke Batam

Ribuan Marga "Yang" dari Berbagai Negara ke Batam

Acara Pertemuan ke-IX marga Yang Se-Indonesia dipusatkan di Swiss Bel Hotel, Sabtu (1/9/2018). (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Ribuan tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan acara Pertemuan Marga "Yang" Se-Indonesia ke-IX sekaligus memperingati hari jadi Yayasan Marga Yang Batam (MYB) yang ketiga di Swiss Bel Hotel, Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 19.00 WIB. 

Dengan mengenakan baju serba merah untuk tamu undangan dengan design khas Tionghoa serta baju jas hitam bagi ketua yayasan masing-masing daerah, suasana diacara itu tampak meriah. 

Ditambah dengan acara pembukaan yang menampilkan pertunjukan barongsai serta tak ketinggalan tarian sekapur sirih membuat acara itu semakin meriah. 

Bukan hanya dari beberapa daerah di Indonesia saja yang menghadiri acara itu, anggota Marga Yang dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan China turut hadir memeriahkan acara itu.

Ketua Yayasan MYB Bambang Suherman Yeo mengatakan, ini mejadi suatu kebanggan bagi MYB karena menjadi tuan rumah mengingat usia Yayasan MYB baru tiga tahun.

"Namun, juga menjadi tantangan serta pelajaran bagi kami menyiapkan acara besar ini. Berkat anugrah dari leluhur, serta kerja seluruh panitia, acara ini pun dapat terselenggara. Jika masih ada kekurangan di sana-sini, semoga dimaklumi," kata dia.

Bambang menyebutkan, acara ini sengaja dikemas secara meriah. Bertujuan untuk membuat satu jembatan dengan satu tujuan. Semoga anak cucu kita tetap saling terhubung dan menjaga tali silaturahmi.

Acara puncak malam itu diisi dengan pemotongan kue ulang tahun Yayasan MYB ketiga oleh Ketua masing-masing daerah. Serta pemberian beasiswa kepada anak-anak kurang mampu yang berprestasi.

Organisasi ini mendapatkan akta notaris pada 12 Agustus 2015 dengan nama Yayasan Marga Yang Batam dan status badan hukumnya disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Ketua Marga Yang Batam (MYB) Bambang Suherman Yeo mengatakan, organisasi ini didirikan dengan tujuan menghimpun berbagai kalangan bermarga Yang, ke dalam satu wadah untuk mempererat tali kekerabatan, tolong menolong, dan membina diri sebagai insan agar bertumbuh kembang dergan berpegang pada nilai-nilai luhur para pendahülu yang berketeladanan, membuka dan membina hubungan dengan asosiasi, perkumpulan, yayasan kemargaan Yang di Indonesia dan luar negeri untuk memperluas pergaulan dan wawasan, membuka hubungan baik dengan pemerintah, masyarakat luas, dan organisasi-organisasi lain yang sejenis untuk membina solidaritas sebagai warga sebangsa.

Dalam waktu relatif singkat setelah akta pendirian diterbitkan, pengisi jabatan dewan pengurus pertama periode 2015- 2020 dilantik pada 20 September 2015, dan berikutnya adalah peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekretariat Yayasan MYB di Kompleks Ruko Greenland Blok U no 5, Teluk Tering.

"Kami juga menyediakan tempat pelatihan keterampilan pembuatan kimchi (salah satu jenis masakan Korea) untuk kalangan eksternal, kursus-kursus peningkatan kapasitas internal, misalnya, Bahasa Mandarin, seni dan budaya masih berupa gagasan," terangnya. 

Bambang juga menyerukan agar keluarga-keluarga bermarga Yang di Batam berkunjung ke sekretariat dan mendaftarkan diri agar dapat lebih intensif berkomunikasi dengan sesama. Saat ini, Yayasan MYB telah memasuki usia ketia dan memiliki anggota aktif sebanyak 300-an orang.

(ude)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews