https://www.batamnews.co.id

BP Batam Bentuk Biro Pengembangan Ekonomi Kreatif

Usaha UMKM dan ekonomi kreatif. (Foto: Ilustrasi)

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan memiliki unit tugas baru yang berkaitan untuk mengembangkan pariwisata di batam.

"Namanya nanti bukan biro pariwisata. Tetapi biro pengembangan ekonomi kreatif," kata Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, Kamis (23/8/2018).

Sebelumnya BP Batam akan membentuk Biro Pariwisata, namun biro tersebut digantikan dengan unit tugas baru ini. Nantinya unit tugas baru ini akan berada di salah satu kedeputian di BP Batam. 

Namun Bambang belum bisa memastikan realisasi unit tugas baru tersebut. Karena menunggu undangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Dengan agenda terkait rapat lanjutan pembentukan unit tugas baru ini.

"Kami masih menunggu undangan dari Kemenpan untuk rapatnya. Sebelumnya, kami sudah beberapa kali membahas soal ini dengan Kemenko Perekonomian dan KemenPAN RB," kata dia.

Unit tugas baru ini disarankan menjadi Biro Pengembangan Ekonomi Kreatif.

Bambang juga menyampaikan bahwa, pembentukan unit baru ini didasari amanah Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2000 terkait Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. Untuk mengoptimalkan pariwisata Batam perlu membentuk unit khusus yang menangani terkait pariwisata dan hal lainnya yang memiliki potensi untuk penggerak ekonomi Batam.

"Jadi kegiatan yang akan kami lakukan ini mendukung kegiatan pariwisata dan lainnya di Pemko Batam untuk masyarakat," jelasnya.

(ret)


Berita Terkait