5 Momen Unik Perayaan HUT ke-73 RI di Kepri

5 Momen Unik Perayaan HUT ke-73 RI di Kepri

Ilustrasi

Batam - HUT RI selalu dimaknani oleh semangat gotong royong oleh warga Indonesia. Hal ini tercermin dari berbagai cara dan perlombaan yang diadakan merayakan hari bersejarah tersebut.

Di Belu, NTT seorang bocah secara spontan memanjat tiang bendera saat tahu tali tiang tersebut putus. Aksi keberanian bocah bernama Yohanes itu pun viral di media sosial. Hal ini menunjukkan semangat cinta tanah air bergema di dadanya.

Mungkin banyak hal lain yang terjadi di daerah lainnya di Indonesia. 

Di provinsi Kepri, HUT ke-73 RI diwarnai dengan berbagai aksi dan kegiatan yang melambangkan kecintaan masyarakat akan bangsa ini. 

Berikut  foto-foto unik yang dihimpun batamnews dalam perayaan HUT ke-73 RI dari berbagai kabupaten/kota di Kepri

 

1. Pemuda Kampung Bugis, Tanjungpinang kibarkan Merah Putih di laut

Aliansi Pemuda Merah Putih (APMP) warga Kelurahan Kampung Bugis Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang menggelar upacara di Pelabuhan Kampung Bugis dan pengibaran di laut, Jumat (17/8/2018).

Kegiatan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di tengah laut tersebut berlangsung lancar dan penuh khikmad. Ratusan warga antusias untuk mengikuti upacara dan menyaksikan upacara tersebut.

Dengan menggunakan beberapa unit sampan yang terbuat dari kayu itu digunakan sebagai transportasi pengantar petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di tengah laut. Tak hanya itu juga tampak tiga petugas Paskibraka berdiri tegap di dalam air.


2. Upacara di tengah guyuran hujan deras di Kecamatan Unggar, Karimun

Detik-detik pembacaan Proklamasi ke-73 di Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun,Kepri, berlangsung khidmat di tengah hujan lebat. Upaca pada Jumat (17/8) pagi itu berlangsung di Kecamatan Ungar.

Kondisi cuaca yang tidak mendukung tidak mengendorkan semangat peserta peringatan upacara HUT Kemerdekaan RI. Bahkan para peserta bersama komandan upacara yang berdiri berjam-jam di lapangan sepakbola diguyur hujan sekitar 15 menit.

Pasukan pengibar bendera (Paskibra) dan peserta upacara memutuskan melanjutkan upacara. Para pembawa sang merah putih berjalan tegap dengan kondisi tubuh basah. 


3. Semangat Narapidana, membaur bersama petugas Rutan merayakan HUT RI

 Ratusan narapidana antusias mengikuti kegiatan permainan tradisional yang digelar Rutan Tahanan Negara (Rutan) Tajungpinang. Hal ini dilakukan dalam momen HUT ke-73 RI, Jumat (17/8/2018).

Salah satu narapidana kasus dugaan korupsi dana asuransi Pemko Batam, Syafii misalnya, mengaku gembira bisa menikmati HUT ke 73 RI. Suasana HUT kali ini memang berbeda dirasakannya pada saat bertugas di kejaksaan.

Ia mengatakan, sejumlah perlombaan permainan yang digelar Rutan Tanjungpinang itu membuat dirinya merasa berada di luar penjara. 

 "Ya seakan-akan kami serasa bebas, dan berada di luar," ujarnya.

Sementara itu Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widiatmoko mengatakan, tujuan pelaksaan berbagai kegiatan perlombaan itu dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pegawai dengan para narapidana.

4. Pacu karung unik di Lingga

Hal ini menjadi salah satu lomba paling menarik dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI yang digelar SMAN 1 Lingga, Sabtu (18/8/2018) pagi. Gambaran keceriaan dan kegembiraan menyambut HUT RI tampak dari perlombaan yang dilakukan siswa-siswi di sekolah ini

Lomba yang meminta pemainnya untuk masuk di dalam karung dengan posisi jongkok, kemudian di bagian leher diikat menggunakan tali agar karung itu tidak lepas membuat permainan ini jauh berbeda dari permainan lainnya. Hal ini menjadi pemandangan yang sangat kocak.

Selain itu, pemain juga diharuskan menggunakan helm, seolah-olah sedang mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

5. Perlombaan perayu layar warna-warni di Belakang Padang, Kota Batam

Lomba unik tersaji di Pulau Belakangpadang, Kota Batam. Berbagai sampan layar warna-warni menjadi pemandangan menarik di Langlang Laut, Kelurahan Tanjungsari, Jumat (17/8/2018).
 

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews