3 Kota Ini Pernah Jadi Ibukota Indonesia, Apa Saja?

3 Kota Ini Pernah Jadi Ibukota Indonesia, Apa Saja?

Tugu Monas (Foto : merdeka.com)

Semua orang pasti tahu kalau Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta adalah ibukota negara Indonesia. Namun, kamu tahu nggak kalau negara kita pernah beberapa kali memindahkan ibukotanya?

Berdasarkan sejarah, seenggaknya ada tiga kota lain lho yang pernah berstatus sebagai Ibukota Indonesia.

1. Yogyakarta

Hanya sekitar enam bulan setelah memproklamirkan kemerdekaannya, Indonesia terpaksa harus memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Yogya. Hal tersebut nggak lepas dari agresi militer yang dilakukan oleh Belanda. Pada 29 September 1945, Jakarta kembali jatuh ke tangan Belanda.

Melihat hal tersebut, tanggal 2 Januari 1946 Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Pakualam VIII menawarkan Yogyakarta sebagai ibukota negara untuk sementara, sebuah tawaran yang langsung disetujui Presiden Soekarno. Dua hari kemudian, 4 Januari 1946, Yogyakarta resmi menjadi Ibukota Indonesia.

2. Bireun

Pasti banyak di antara kalian yang nggak pernah tahu kalau Bireun pernah menjadi ibukota Indonesia. Kota Bireun yang berada di Provinsi Aceh emang nggak lama berstatus sebagai ibukota negara, satu pekan doang.

Sejarahnya, di tanggal 18 Juni 1948, Soekarno terpaksa mengungsi ke Bireun karena situasi dan kondisi di Yogyakarta jauh dari kata kondusif. Selama di Bireun, Presiden Soekarno tinggal dan menjalankan roda pemerintahan di kediaman Bupati Kabupaten Bireun, Kolonel Husein Joesoef.

3. Bukittinggi

Masih di tahun 1948, lagi-lagi ibukota negara harus dipindahkan karena Yogyakarta berhasil diambil oleh Belanda. Nggak cuma itu, pihak Belanda juga berhasil menangkap pejabat-pejabat negara, termasuk Soekarno dan Hatta.

Nah, sebelum ditangkap, Presiden Soekarno udah sempat memberikan perintah kepada Syafruddin Prawiranegara untuk mendirikan dan memimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia alias PDRI yang berlokasi di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. PDRI kemudian aktif mulai dari 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews