Kodim 0317 TBK Panen Jagung di Wilayah Perbatasan

Kodim 0317 TBK Panen Jagung di Wilayah Perbatasan

Panen jagung Kodim 0317/TBK (Foto: Istimewa)

Karimun - Kodim 0317/TBK melakukan panen perdana demplot budidaya jagung. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan wilayah perbatasan sesuai instruksi pimpinan tertinggi TNI.

Ladang jagung Kodim TBK berada di Desa Teluk Paku, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Karimun, Kepri.

Dandim 0317/TBK, Lekol Arm Rizal Analdie mengatakan selain intruksi langsung dari pucuk pimpinan tertinggi TNI, program ketahanan pangan sebagai antisipasi krisis bahan pokok makanan.

"Jagung sebagai pengganti bahan pokok makanan, pengganti beras, sagu dan gandum," Rizal, usai panen jagung, Senin (13/8/2018).

Dipilihnya tanaman jagung sebagai pengganti bahan pokok makanan, dikarenakan tipologi daerah Kabupaten Karimun yang hanya cocok ditanami Jagung.

"Jika terjadi bencana atau krisis pangan, maka ini dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Dalam panen perdana tersebut, pihaknya menggandeng petani setempat sebgai tani binaan diatas lahan satu hektar.

Setelah sukses dengan menanam jagung, Kodim berencana akan mengembangkan cocok tanam dengan yang lainnya.

"Untuk kedepannya, kita juga akan tanam-tanaman lainnya seperti cabai dan sayur-sayuran jika memungkinkan," ujar Dia.

Sementara itu Camat Meral Barat, Monalisa mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi program ketahan pangan, mengingat program yang dimaksud sangat tepat dilakukan di Kabupaten Karimun.

"Memang, untuk tanaman padi di tempat kita ini tidak bisa ditami, karna tempat kita ini bebatuan, namun jagung sangat tepat" kata Monalisa.

Bahkan, pihak kecamatan meminta Kodim 0317/TBK untuk membina petani setempat agar dapat menanam tanaman lainnya seperti cabai dan sayur-sayuran lainnya.

Selain meminta 0317/TBK untuk membina petani setempat, pemerintah daerah pun bersedia menyediakan lahan yang diperlukan dalam program tersebut.

"Untuk lahan kita luas, tinggal dibicarakan saja dengan lurah, karna untuk lahan, lurah yang mempunyai wewenang," kata Monalisa.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews