Nelayan Karimun Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan Dari Pemerintah

Nelayan Karimun Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan Dari Pemerintah

Bupati Karimun memberikan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Pemerintah Daerah Karimun memberikan bantuan kapal dan alat tangkap ikan bagi kelompok nelayan tradisional di setiap Kecamatan. Dana bantuan bersumber dari APBD dan DAK dengan total anggaran sebesar Rp15,6 miliar.

Penyerahan bantuan langsung diberikan kepada setiap kepala perwakilan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kabupaten Karimun. "Dana pengadaan bantuan bersumber dari APBD Karimun 2018 sebesar Rp13 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp2,6 miliar," ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (13/8/2018) usai menyerahkan bantuan kepada kelompok nelayan di pantai Pak Imam, Kecamatan Meral, Karimun.

Adapun pihak penerima bantuan diantaranya, KUB Desa Pelambung Kecamatan Tebing, KUB Baran Meral, KUB Sei Raya Meral, KUB Teluk Setimbul Pasir Panjang Meral Barat dan KUB Semembang Kecamatan Durai. Masing-masing mendapat bantuan 5 unit kapal berbobot 2 GT.

Tidak hanya itu, 32 sampan ketinting juga diberikan untuk KUB Kecamatan Ungar sebanyak 15 unit, KUB Desa Parit 4 unit, lalu KUB Teluk Mesodo Pelambung dan KUB Teluk Uma 3 unit, KUB Desa Tulang 3 unit, KUB Sei Raya 2 unit, Sei Pasir dan Baran mendapat 1 unit.

"Untuk bantuan berupa jaring ikan diberikan kepada KUB Pintu Air. Jaring nilon untuk 6 Keluarga, jaring tangsi untuk 15 keluarga dan 12 jaring udang," kata Rafiq.

Rafiq menyebutkan, bantuan bagi nelayan akan diberlakukan setiap tahunnya sesuai dengan kemampuan dana APBD.

"Masih ada pembangunan lain yang membutuhkan dana. Syukuri bantuan yang diterima dengan cara menggunakannya sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan," ujar dia.

(aha)