Momo Challenge Picu Anak Bunuh Diri, Orangtua Wajib Waspada

Momo Challenge Picu Anak Bunuh Diri, Orangtua Wajib Waspada

Jakarta - Momo Challenge sebuah tantangan yang sedang viral dan lebih berbahaya dari Kiki Challenge. Jika Kiki Challenge hanya mewajibkan si pemain berjoget-joget di samping mobil yang sedang jalan. Momo Challenge mengikat pemainnya untuk menjalani perintah si Momo

Challenge ini tengah viral lantaran menyebabkan sejumlah orang tewas bunuh diri. KPAI pun mengimbau agar para orang tua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral yang membahayakan.

"Kami mengimbau semua orang tua agar mendampingi anak saat bermain. Pastikan anak bermain dengan waktu yang tepat, konten yang positif, dan mampu memilih sesuai dengan tahapan perkembangan anak," kata Ketua KPAI Susanto, Minggu (5/8/2018).

"Orang tua jangan hanya hadir saat anak menghadapi masalah, tapi harus hadir agar tak muncul masalah. Inilah hal prinsip pengasuhan yang positif," imbuh Susanto.

Momo Challenge disebut sebagai suatu permainan tantangan yang tengah viral. Dilansir thesun.co.uk, Minggu (5/8/2018), berdasarkan Computer Crime Investigation Unit di the Mexican state of Tabasco, permainan itu berawal dari Facebook yang para anggotanya ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal.

Kecurigaan polisi atas kematian bocah 12 tahun di Argentina itu dengan Momo Challenge itu lantaran ditemukan adanya komunikasi antara si bocah dengan sosok yang disebut Momo dalam WhatsApp. Mereka yang memulai tantangan harus berkomunikasi dengan Momo melalui WhatsApp. Dari penelusuran, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Sosok Momo digambarkan foto profil Momo memperlihatkan seorang wanita yang menyeramkan dengan mata melotot. Namun sosok itu sebenarnya hasil karya seniman Jepang bernama Midori Hayashi. Setelah dicek, Midori tak berkaitan sama sekali dengan tantangan mematikan tersebut.

Setelahnya mereka akan mendapatkan serangkaian tantangan. Pemain harus berkomunikasi dengan Momo. Momo akan mengirimkan gambar berbentuk tantangan yang berbau kekerasan disertai kewajiban harus melakukannya. Jika menolak, pemain akan diancam oleh Momo hingga ketakutan.

Tantangan ini mengingatkan pada Blue Whale Challenge yang menyebabkan 130 korban tewas di Rusia. 

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews