Lanal Karimun Periksa Alat Keselamatan Kapal Penumpang

Lanal Karimun Periksa Alat Keselamatan Kapal Penumpang

Petugas Lanal Karimun Cek alat keselamatan kapal (Foto: Istimewa)

Karimun - Menjaga keselamatan kapal penumpang. Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun, melakukan pengecekan alat keselamatan pelayaran di Pelabuhan Domestik Karimun, Sabtu (7/7/2018).

Petugas Lanal yang turun kelapangan memeriksa setiap alat keselamatan di setiap kapal penumpang yang akan berangkat. Serta memberikan arahan terhadap kru kapal, tentang pentingnya alat keselamatan pada kapal dalam pelayaran.

Pejabat Sementara Danlanal TBK Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi melalui Danposal Leho Letda Laut (P) Hendriyono mengatakan, pemeriksaan alat keselamatan pelayaran akan dilakukan secara menyeluruh terhadap kapal-kapal pengangkut penumpang yang beroperasi diwilayah Kabupaten Karimun.

"Ini kita lakukan agar faktor keselamatan penumpang dalam pelayaran agar tetap diperhatikan, apalagi belakangan kita sering melihat maraknya kejadian kapal tenggelam, sehingga peralatan keselamatan harus memadai," kata dia.

Tidak hanya di pelabuhan Domestik saja. Petugas juga berencana akan melakukan pemeriksaan di pelabuhan lainnya, baik pelabuhan rakyat antar pulau sekitar Karimun atau lainnya.

"Rencananya pemeriksaan di daerah atau pelabuhan antar pulau lainnya juga akan dilakukan," ujarnya.

Untuk kapal penumpang yang diperiksa petugas. Tidak ada alat keselamatan yang tidak layak untuk digunakan dalam kegiatan pelayaran.

"setelah dicek, masih layak digunakan untuk pelayaran," Ucapnya.

(edo)