5 Aplikasi Penunjuk Arah yang Membantu Saat Mudik

BATAMNEWS.CO.ID-Tak sedikit pemudik yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi. Tak semua pemudik selalu mengerti arah jalan. 

Pun, saat ini banyak dilakukan pembangunan infrastruktur jalan yang membuat peta jalan berubah.

Selain bertanya, untuk menghindari jalur salah arah, selama perjalanan Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur di smartphone.

Berikut ini lima aplikasi yang dapat mempermudah perjalanan mudik Anda:

1. Google Maps

Aplikasi Google Maps biasanya sudah bawaan dari smartphone dan tak perlu repot-repot menginstal lagi. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana sehingga mudah digunakan.

Google Maps dapat menampilkan rute perjalanan sekaligus kondisi kemacetan jalan beserta estimasi waktu, baik dengan mobil maupun motor. 

Tak hanya itu, Google Maps juga dapat menampilkan gambar nyata dengan memanfaatkan peta satelit dan bisa menampilkan tempat-tempat umum seperti pom bensin, restoran, supermarket, atau kedai kopi.

Google Maps pun dilengkapi dengan Google Assistant yang dapat memandu jalan tanpa harus melihat peta sehingga pemudik dapat berkonsentrasi mengendarai.

2. Waze

Aplikasi ini memanfaatkan kekuatan komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi lalu lintas secara real time hingga mendapat peringatan laporan komunitas termasuk kecelakaan, bahaya, razia, perbaikan jalan, hingga penutupan jalan. 

Ada juga informasi pengalihan rute secara otomatis saat kondisi jalan berubah. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store ataupun App Store

3. JMCARe

Aplikasi ini dibuat oleh PT Jasa Marga Tbk dan dapat diunduh baik di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi JMCARe ini memiliki dua fitur utama yaitu fitur notifikasi dan fitur informasi.

Baca juga:

6 Pengamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

Tip Belanja Cerdas Sambut Lebaran

 

Fitur notifikasi berbasis notification message yang berfungsi untuk memberikan informasi situasi lalu lintas di jalan tol secara real time kepada pengguna. 

Sedangkan fitur informasi dapat memudahkan pengguna mendapatkan informasi seputar jalan tol sesuai kebutuhan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) di nomor 14080 selama 24 jam penuh serta dilengkapi streaming CCTV jalan sesuai dengan lokasi pengguna jalan.

4. Mudik BPJS Kesehatan

Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan ini dibuat sebagai media informasi bagi peserta JKN dan masyarakat umum ketika melakukan perjalanan mudik. 

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengakses beragam informasi seputar posko mudik BPJS kesehatan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur diantaranya adalah informasi daftar telepon penting, informasi alamat dan nomor telepon kantor pusat BPJS kesehatan, kantor divisi, hingga kantor cabang, dan peta menuju lokasi fasilitas kesehatan terdekat. 

Aplikasi mudik BPJS kesehatan ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apps Store.

5. Sygic

Aplikasi yang dikembangkan oleh Sygic maps navigation ini dapat digunakan pada perangkat Android, iOS, dan Windows Phone. Aplikasi ini menampilkan navigasi GPS dan peta, informasi lalu lintas secara real time, fitur keselamatan, peringatan batas kecepatan, tempat-tempat umum, navigasi GPS pejalan kaki. Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan secara offline.

(kin)

SHARE US :

Berita Terkait