6 Pengamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

6 Pengamanan Rumah Sebelum Ditinggal Mudik

foto: lamudi.co.id

BATAMNEWS.CO.ID-Aktivitas mudik sudah berlangsung. Tahun ini libur Lebaran terbilang panjang. Berkemungkinan banyak orang meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Namun, bagi Anda yang masih melakukan persiapan. Ada baiknya mempertimbangkan keamanan rumah. Apalagi meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Agar rumah Anda tetap aman hingga kembali pulang. Seperti dilansir dari Real Simple pada Sabtu (9/6/2018), Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini sebelum pergi mudik. Apa saja?

1. Jangan hanya mengunci pintu

Mengunci pintu sebelum meninggalkan rumah memang wajib dilakukan. Namun jangan hanya sekedar mengunci pintu. Perkuat juga dasar pintu dengan sapu atau pengganjal lainnya. Sehingga rumah Anda benar-benar terkunci dengan baik.

2. Meminta tolong tetangga untuk menerima surat dan paket

Ditinggal mudik selama seminggu, tidak menutup kemungkinan akan datangnya surat atau paket ke rumah Anda. Kotak surat dan paket yang melimpah di depan rumah menandakan bahwa rumah tersebut tidak ada orang. Mintalah seseorang yang Anda percaya untuk mengambil surat dan paket hingga Anda kembali.

Baca juga:

Tip Belanja Cerdas Sambut Lebaran

5 Negara yang Pernah Tampil Mengejutkan di Piala Dunia

 

3. Buat seakan-akan ada orang di rumah

Kebanyakan pencuri enggan masuk jika sebuah rumah masih ditempati. Untuk itu, atur penghitung waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis sepanjang siang dan malam.

4. Hindari mengunggah keberadaan Anda di media sosial

Ketika merayakan Lebaran bersama keluarga, mungkin Anda tidak sabar untuk mengunggahnya di media sosial. Namun ini sama saja memberitahukan kepada pencuri bahwa rumah Anda kosong. Lebih baik tahan diri untuk mengunggah momen hingga Anda kembali.

5. Periksa jendela dan pintu

Periksa kembali jendela dan pintu sebelum Anda pergi. Jangan sampai ada kaca jendela atau pintu yang terbuka. Periksa juga semua celah hingga tidak ada titik masuk bagi para pencuri.

6. Pasang kamera atau alarm pengaman

Tempatkan di sudut-sudut rumah yang rawan tidak terlihat tetangga atau orang yang lewat. Pilih juga kamera pengaman yang bisa dipantau dari aplikasi smartphone untuk dilihat kapan saja sedang merasa tidak nyaman.

(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews