https://www.batamnews.co.id

Arus mudik 2018

Lanal Batam Kerahkan Prajurit Amankan Arus Mudik

Anggota Lanal Batam dikerahkan untuk pengamanan arus mudik. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Lanal Batam mengerahkan prajurit untuk pengamanan arus mudik lebaran di beberapa titik pelabuhan di Kota Batam.

Pelaksanaan pengamanan angkutan lebaran arus mudik melalui pelabuhan-pelabuhan di Batam, dimulai sejak tanggal (3 - 13/6/2018). Sedangkan arus balik dari tanggal (20 - 29/6/2018), menggunakan angkutan laut dengan tujuan antar pulau maupun antar provinsi.

“Lanal Batam telah menyiapkan prajuritnya untuk mendukung pelaksanaan pengamanan angkutan lebaran di beberapa titik pelabuhan yang menjadi tempat pemberangkatan arus mudik. Kami mengerahkan personel Posal dan Posmat TNI AL di jajaran Lanal Batam,” ujar dia, Selasa (12/6/2018).

Selain personel yang diperbantukan untuk pelaksanaan pengamanan di pelabuhan, Pangkalan TNI AL Batam juga menurunkan KAL dan Patkamla untuk pengamanan di laut selama pelaksanaan mudik lebaran.

“Ini sebagai antisipasi terhadap kegiatan-kegiatan ilegal maupun sebagai sarana SAR mengantisipasi terjadinya laka laut,” ujarnya.

Nantinya Lanal Batam akan mengamankan kapal Pelni regular yang melayani angkutan mudik lebaran antar pulau dan provinsi, yakni KM Kelud dengan rute Tanjung Priok (Jakarta) – Batu Ampar (Batam) – Tanjung Balai (Karimun) dan  Belawan (Medan) serta sebaliknya

Sedangkan kapal bantuan periode angkutan lebaran  adalah KM Doro Londa dengan rute Tanjung Priok Jakarta – Batu Ampar Batam dan KM Umsini dengan rute Kijang Tanjung Pinang – Batu Ampar Batam – Tanjung Priok Jakarta dan sebaliknya

(ude)