Kim Jong Un: Pertemuan Seperti Film Fiksi Ilmiah

Kim Jong Un: Pertemuan Seperti Film Fiksi Ilmiah

Kim Jong Un (Foto: Istimewa)

Singapura - Pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong Un benar-benar tak seorang pun menyangka bakal terjadi. Pasalnya, perseteruan antara Amerika Serikat (AS) dengan Korea Utara (Korut) sudah berlangsung lama dan panas.

Tak heran Kim Jong Un berpendapat bahwa pertemuan tersebut dianggap banyak orang ibarat sebuah 'film fiksi ilmiah".

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Selasa (12/6/2018), komentar ini dilontarkan Kim Jong-Un kepada Trump saat keduanya berjalan bersama di koridor Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura di sela-sela pertemuan bersejarah yang menjadi sorotan dunia. 

Kim Jong-Un mengatakan, banyak orang di dunia tidak akan mempercayai pertemuan bersejarah sedang terjadi di Singapura. 

"Saya pikir seluruh dunia menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan berpikir (pertemuan) ini sebagai adegan dari sebuah fantasi...dari sebuah film fiksi ilmiah," ucap Kim Jong-Un kepada Trump melalui seorang penerjemah. 

Pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim Jong-Un masih berlangsung hingga kini. Pertemuan diawali jabat tangan bersejarah, kemudian pertemuan tatap muka atau one-on-one selama kurang lebih 41 menit, lalu dilanjutkan pertemuan bilateral. Pertemuan bilateral dijadwalkan akan berlangsung hingga pukul 11.30 waktu setempat, untuk selanjutnya digelar makan siang bersama. 

Usai menggelar pertemuan tatap muka dengan Kim Jong-Un, Trump menyebut pertemuan berlangsung 'sangat, sangat baik'. "Hubungan luar biasa," ucap Trump dari balkon Hotel Capella. 

Dalam pertemuan bilateral, Trump didampingi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, serta seorang penerjemah.

Sedangkan Kim Jong-Un didampingi oleh Wakil Ketua Komisi Pusat Partai Pekerja Korea, Kim Yong-Chol, kemudian Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-Ho dan Wakil Ketua Komisi Pusat Partai Pekerja Korea lainnya, Ri Su-Yong. Kim Yo-Jong, adik perempuan Kim Jong-Un yang mendampingi kakaknya ke Singapura, tidak ikut hadir.

"Bekerja bersama-sama, kita akan mengatasinya. Kita akan menyelesaikannya," ujar Trump di awal pertemuan bilateral. "Akan menyelesaikan persoalan besar, dilema besar," katanya.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews