Takut Tinjanya Dicuri, Kim Jong Un Bawa Toilet Khusus ke Singapura

Takut Tinjanya Dicuri, Kim Jong Un Bawa Toilet Khusus ke Singapura

Kim Jong Un (kiri) (Foto: Ist)

Singapura - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ternyata punya kecemasan tinjanya dicuri orang tak bertanggungjawab. Kim pun terpaksa membawa toilet pribadi ke Singapura.

Selain takut tinjanya dicuri, ia juga mencegah siapapun memata-matai dirinya.

Dilansir dari news.com.au, Selasa (12/6/2018), media Korea Selatan Chosun menyatakan toilet pribadi yang dibawa untuk mencegah penyelam selokan mendapat sampel tinja Kim itu tiba dengan pesawat.

Pesawat itu juga disebut membawa makanan khusus untuk Kim. Mobil antipeluru juga dikabarkan dibawa dengan pesawat itu.

Baca juga: Detik-detik Sejarah Kim Jong Un dengan Donald Trump Berjabat Tangan

Kepergian Kim ke Singapura untuk bertemu Presiden AS Donald Trump merupakan perjalanan luar negeri ketiga Kim sejak mengambil alih kekuasaan pada tahun 2011, Ia secara rutin membawa toilet pribadi ke manapun dia pergi.

Lee Yun Keol, yang bertugas di unit penjaga Korea Utara sebelum membelot ke Korea Selatan pada tahun 2005, mengatakan pemimpin negara itu selalu bepergian dengan seseorang untuk menjaga fungsi tubuhnya jauh dari mata-mata.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian. Ekskresi pemimpin mengandung informasi tentang status kesehatannya sehingga mereka tidak dapat ditinggalkan," ucap Lee ke Washington Post.

Baca juga: Kim Jong Un: Pertemuan Seperti Film Fiksi Ilmiah

(snw)

 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews