Masyarakat Disarankan Mudik Tanggal 10-11 Juni

Masyarakat Disarankan Mudik Tanggal 10-11 Juni

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Int)

BATAMNEWS.CO.ID,Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan pemudik berangkat pulang kampung lebih awal, yakni pada 10-11 Juni. Menurutnya Lalu lintas di tanggal tersebut lebih lancar.

"Pada tanggal 8-9 dan 12-13 karena itu adalah puncak mudik, kalau bisa tanggal 10-11 itu lebih longgar," kata Budi Karya dalam video conference pengamanan hari raya Idul Fitri 1439 H, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

Budi menambahkan saat ini jalan tol fungsional Jakarta-Surabaya sudah dapat dilewati pemudik. Hal ini membuat preferensi masyarakat untuk menggunakan jalan tersebut.

Namun ia mengimbau agar para pemudik tidak semua menggunakan jalur tol tersebut. Masih ada jalur alternatif lainnya seperti Pantura.

"Justru preferensi masyarakat itu kami mengajak Kapolda, Pangdam, dan lainnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat jalan tol Jakarta-Surabaya bukanlah segalanya, ada Pantura. Kami sudah cek touring dengan sepeda baik sekali," jelasnya.

Budi berharap mudik 2018 ini berjalan lancar seperti tahun lalu. Pada 2017, menurutnya, angka kecelakaan menurun 30 persen dibanding pada 2016. Karena itu, ia meminta setiap moda transportasi dilakukan ramp check atau uji kelayakan.

"Dari catatan kecelakaan, ada penurunan tahun lalu 30 persen. Oleh karenanya, imbauan penggunaan motor dan ramp check jadi penting," kata dia.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews