2 Ide Bermanfaat untuk Mengelola THR

2 Ide Bermanfaat untuk Mengelola THR

BATAMNEWS.CO.ID - Setiap menjelang lebaran, karyawan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Di pemerintahan Jokowi ini, PNS dan pensiunan juga mendapatkan THR.

Bagaimanakah sebaiknya memanfaatkan THR tersebut? Apakah langsung dihabiskan atau disimpan untuk tabungan?

Berikut ada dua pilihan beserta pertimbangannya.

1. Belanjakan untuk Mudik
Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat berharap, THR dapat memacu konsumsi masyarakat. Apalagi, belakangan pengusaha dihadapkan pada isu pelemahan daya beli.

Dia berharap, setelah mendapatkan THR masyarakat segera membelanjakan uangnya. Kemudian, barang yang dibeli kemudian dibawa ke kampung halaman. Sehingga, daerah juga mendapat manfaatnya.

"Kita berharap oleh-oleh beli di sini ngasih keluarga daerah. Jadi daerah kena impact-nya juga," ujarnya.

2. Investasikan
Sisihkan setengah THR. Nikmati hasilnya di lebaran tahun depan.

Ada beragam instrumen investasi yang bisa dipilih. Salah satunya di reksadana.

Produk reksadana sendiri ada 4 jenis yang membedakan dari sisi jenis investasi yang ditempatkan, yakni reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang.

Jika IHSG naik drastis 2017, maka tidak heran jika reksadana saham juga naik signifikan bahkan melebihi IHSG, begitu juga sebaliknya.

Sementara dari jenis reksadana campuran produk yang memberikan imbal hasil paling tinggi adalah Sucorinvest Flexi Fund sebesar 27,119%. Masih lebih tinggi dibanding IHSG.

Untuk jenis reksadana pendapatan tetap, di posisi pertama ada Simas Income Fund sebesar 24,4%. Sedangkan untuk reksadana pasar uang ada Insight Money 8,116%, masih lebih besar dibandingkan rata-rata imbal hasil deposito 6-7%.

Kinerja reksadana tentu tergantung dari kinerja manajer investasinya. Namun calon investor tentu bisa menimbang dengan melihat catatan kinerja reksadananya.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews