Begini Penyebab Air ATB Keruh

Begini Penyebab Air ATB Keruh

PT Adhya Tirta Batam sendiri telah mengolah air baku menjadi air bersih, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - PT Adhya Tirta Batam sendiri telah mengolah air baku menjadi air bersih, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). Namun, terkadang dalam waktu-waktu tertentu air ATB yang diterima oleh pelanggan tidak jernih, cenderung keruh.

“Kondisi air keruh yang diterima oleh pelanggan ATB bisa disebabkan oleh beberapa hal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut, seperti pipa bocor, ada perawatan pipa di Instalasi Pengolahan Air (IPA) akan berefek ke pelanggan sementara waktu,” ujar Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB.

Lanjut Enriqo pekerjaan perawatan pembersihan pipa tidak dapat dihindari. Guna menjaga kualitas air kepada pelanggan, ATB selalu melakukan proses pemeliharaan tersebut secara berkala.

“Pekerjaan perawatan pipa secara berkala tersebut tidak dapat dihindari. Proses pemeliharaan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas performa area produksi yang di lakukan secara berkala. Terkadang proses pemeliharaan ini membuat air sedikit keruh,” ujarnya.

Selain faktor pemeliharaan pipa di IPA secara berkala, faktor lainnya yang dapat menyebabkan kualitas air jadi berkurang adalah terdapatnya kebocoran pipa, serta penguatan jaringan ke pelanggan. Sehingga, harus dilakukan pengerjaan pada pipa.

Adanya pekerjaan yang di rencanakan seperti penguatan jaringan pelanggan, perubahan jalur pipa transmisi secara tidak langsung akan menyebabkan kualitas air jadi terganggu.

"Faktor air keruh juga dapat berasal dari adanya pengerjaan pipa. Terkadang saat pekerjaan, air keruh terbawa masuk sampai ke jaringan pipa ke pelanggan. Jadi bukan air keruh yang berasal dari tempat air di produksi,” ujar Enriqo.

ATB selalu berupaya menjaga kuantitas dan kualitas air bersih. Hanya saja terkadang ATB tidak dapat menghindari gangguan suplai yang disebabkan oleh faktor-faktor yang disebutkan diatas.

Kondisi air keruh ini, umumnya hanya berlangsung sementara. Setelah beberapa saat air akan kembali jernih. Pelanggan dapat mengalirkan air sisa proses pembersihan tersebut sementara waktu hingga akhirnya air jernih kembali.

Apabila air keruh dalam waktu yang cukup lama, pelanggan dapat menghubungi ATB melalui layanan call centre di (0778) 467111. Dapat juga melalui media sosial ATB seperti Facebook ATB Batam, Twitter @atbbatam, serta Instagram @atb.batam.


(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews