PGN Dirikan Taman Baca dan Rumah Baca Program Desa Binaan

PGN Dirikan Taman Baca dan Rumah Baca Program Desa Binaan

Taman Bacaan di Tembesi, Batam (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - PT Perusahaan Gas Negara Tbk terus memperluas manfaat program Desa Binaan PGN di wilayah Kelurahan Tembesi, Batam, dengan menambah fasilitas umum bagi warga masyarakat sekitar. PGN bekerjasama dengan Kelompok Perempuan Kreatif Mandiri (KPKM).

KPKM ini merupakan kelompok masyarakat binaan PGN. Bersama PGN, mereka mendirikan taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam. 

Peresmian taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower ini dilaksanakan oleh Division Head CSR PGN yang diwakili oleh Depatemen Head CSR PGN, Camat Sagulung dan Lurah Tembesi. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh warga masyarakat Kelurahan Tembesi dan perwakilan anak-anak perusahaan PGN yang ada di Batam.

Anak Agung Raka mengatakan pendirian taman baca dan rumah baca di Tembesi Tower ini merupakan langkah PGN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar wilayah tersebut. 

“Melalui taman bacaan dan rumah baca ini, kami ingin menumbuhkembangkan minat baca di kalangan masyarakat khususnya anak-anak di sekitar wilayah Kelurahan Tembesi karena kita semua tahu bahwa buku adalah jendela dunia. Jadi dengan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap bacaan yang bermutu, kami berharap masyarakat sekitar khususnya anak-anak bisa meraih cita-cita yang lebih tinggi,” kata Agung di sela peresmian taman bacaan dan rumah baca di Tembesi Tower, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Batam pada Senin (30/4/2018). 

Agung menambahkan, selain mendirikan taman bacaan dan rumah baca, PGN juga terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan potensi masyarakat sekitar melalui program Desa Binaan PGN. Di Kelurahan Tembesi, pengembangan masyarakat dilakukan di 3 lokasi, yaitu di Tembesi Tower, Kampung Tanjung Gundap dan Pulau Lance. 

Berbagai pelatihan dan penyuluhan diberikan kepada warga agar secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi masyarakat sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kelurahan Tembesi.

Program Desa Binaan PGN sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2016 di sekitar wilayah operasional PGN, terutama di Desa/Kelurahan sekitar Offtake Station PGN. Di tahap awal, PGN telah mengembangkan 4 Desa Binaan yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Tembesi, Batam di sekitar wilayah Offtake Station Panaran; Desa Pagardewa, Muara Enim di sekitar wilayah Offtake Station Pagardewa; Desa Sriminosari, Lampung Timur di sekitar wilayah Offtake Station Labuhan Maringgai; dan Desa Teluk Terate, Serang di sekitar wilayah Offtake Station Bojonegara

Kegiatan yang dilakukan di desa binaan diantaranya dimulai dari social mapping untuk mengetahui karakteristik tiap-tiap daerah dan untuk mengetahui kebutuhan dan potensi masyatakat daerah tersebut. 

Kemudian, PGN dengan melibatkan masyarakat bersama-sama membuat kelembagaan masyarakat yang menjadi wadah musyawarah para stakeholder desa/kelurahan termasuk PGN dan penggerak ekonomi desa/kelurahan. 

Selain itu, pelatihan-pelatihan serta penyuluhan-penyuluhan juga diberikan kepada warga untuk dapat menciptakan desa/kelurahan yang mandiri dan memiliki kualitas lingkungan yang baik.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews