7 Resiko Kesehatan Bila Tidur Berlebihan

7 Resiko Kesehatan Bila Tidur Berlebihan

foto ilustrasi : hariansehat.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kurang waktu tidur mempunyai dampak buruk pada kesehatan. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 6 sampai 8 jam setiap malam. 

Sebaliknya, bagaimana bila terlalu banyak tidur? Ternyata tidur berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Dilansir dilansir dari HuffingtonPost.com, tidur terlalu banyak juga memiliki efek resiko kesehatan sebagai  berikut:

1. Tidur terlalu banyak bisa meningkatkan resiko depresi

Seseorang yang tidur terlalu lama mengalami peningkatan gejala depresi. 

2. Bisa melemahkan fungsi otak

Studi pada tahun 2012 menemukan bahwa diantara wanita usia lanjut, tidur terlalu lama memperburuk fungsi otak pada jangka waktu 6 tahun.

3. Susah hamil

Tahun 2013 lalu, sebuah tim riset asal Korea menganalisis kebiasaan tidur pada 650 wanita yang mengikuti perawatan kesuburan. Hasilnya, jumlah kehamilan tertinggi ditemukan pada kelompok wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam per malam, dan terendah pada kelompok wanita yang tidur lebih dari sembilan jam. Waktu tidur memang mempunyai pengaruh pada perubahan hormon dan siklus menstruasi.

4. Meningkatkan resiko diabetes

Orang-orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam memiliki resiko terkena diabetes tipe dua dibanding mereka yang lebih singkat waktu tidurnya.

5. Mengakibatkan naiknya berat badan

Berdasarkan riset, mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak rata-rata mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kilogram, walaupun aktifitas fisik dan asupan makanannya sama.

6. Berakibat pada jantung

Menurut riset yang dilakukan oleh American College of Cardiology tahun 2012 lali, tidur lebih dari delapan jam per malam mempunyai kaitan dengan meningkatnya resiko masalah jantung. Riset itu mengumpulkan lebih dari 3000 orang dan menemukan bahwa mereka yang tidur lama memiliki resiko terkena angina dua kali lebih banyak.

7. Tidur terlalu banyak bisa mengakibatkan kematian lebih awal

Dirangkum dari 16 studi berbeda pada tahun 2010, riset menunjukkan ada peningkatan resiko kematian lebih awal, dari keseluruhan kasus, pada mereka yang tidur terlalu sedikit atau terlalu banyal. 

(elz)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews