DKP Bintan akan Bagikan 23 Ribu Bibit Kerapu Macan Kertang untuk 4 Kecamatan

DKP Bintan akan Bagikan 23 Ribu Bibit Kerapu Macan Kertang untuk 4 Kecamatan

Ikan kerapu kertang atau cantang. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bintan akan membagikan 23 ribu bibit Kerapu Macan Kertang (cantang/epinephelus sp) beserta pakannya kepada kelompok budidaya ikan laut yang berada di 4 kecamatan.

"Usulan dari kelompok budidaya ikan laut udah masuk ke kita," ujar Kepala DKP Bintan, Fachrimsyah, kemarin.

Kecamatan yang mengusulkan bantuan bibit ikan dan pangannya seharga Rp 705.145.000 itu adalah Kecamatan Tambelan, Kecamatan Teluk Bintan, Kecamatan Bintan Pesisir dan Kecamatan Mantang.

Saat ini pihaknya lagi melakukan proses verifikasi usulan tersebut. Dimulai dari mensinkronkan data usulan dengan kenyataan di lapangan. Lalu, validasi kebutuhan bibit ikan beserta pakannya.

"Jadi lagi dalam proses verifikasi kelompok. Ini kita lakukan agar bantuan itu tepat sasaran," jelasnya.

Setelah valid semuanya, DKP akan mengusulkan pengadaan bibit ikan dan pakannya kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP). Lalu, pengadaan itu akan dilelang secara terbuka melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Pengadaan yang akan dilelangkan antara lain bibit ikan Kerapu Macan Kertang senilai Rp 552.000.000. Kemudian pengadaan pakan buatan atau pelet ikan laut dan obat-obatan senilai Rp 153.145.000.

"Setelah di lelang, barulah diketahui siapa kontraktor yang berhak mengadakan semua itu. Paling lambat diserahkan kepada kelompok budidaya ikan laut itu pada September 2018 mendatang," katanya.

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews