Pangkalan TNI AL Dabo Panen Jagung

Pangkalan TNI AL Dabo Panen Jagung

Sejumlah prajurit Lanal Dabo tengah panen jagung (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep, diam-diam kembali melakukan panen jagung manis yang ditanam di Lahan Ketahanan Pangan seluas 1,3 Ha yang berada di Kompleks Mako Lanal Dabo, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto M. Tr Hanla mengatakan, untuk kali ini, panen jagung tersebut dilakukan secara bertahap, karena ketika penanaman dilakukan tidak bersamaan.

"Pada tahap panen kali ini mendapatkan hasil sebanyak kurang lebih 500 kg," ujar dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (4/4/2018).

Dia menjelaskan, dibukanya lahan ketahanan pangan di kompleks Mako Lanal tersebut dilakukan guna pemanfaatan lahan yang kurang produktif untuk dikelola semaksimal mungkin dan menampik pemikiran masyarakat sekitar bahwa lahan bekas bauksit tidak bisa ditanami.

"Nah itu kita buktikan dengan ada usaha pasti ada hasilnya. Tidak ada yang tidak bisa," kata dia.

Tidak hanya jagung manis, sebelumnya Lanal Dabo juga mencoba melakukan penanaman terong. Namun, hasilnya tidak maksimal karena diserang hama.

"Kemarin udah kita coba terong namun hasilnya tidak maksimal, kemudian kita beralih lagi ke jagung. Terongnya gagal panen, rusak semua dimakan hama sama cuaca yang tidak menentu," katanya.

Diketahui, panen yang dilakukan sejak pukul 08.00 WIB tadi pagi itu, melibatkan seluruh personil, perwira staf dan Komandan Lanal Dabo Singkep.

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews