Pasar Senilai Rp 6 Miliar Bakal Dibangun di Sei Beduk

Pasar Senilai Rp 6 Miliar Bakal Dibangun di Sei Beduk

Wakil Wali Kota Batam Amsakar di sebuah pasar tradisional di Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kota Batam mendapat jatah pembangunan pasar senilai Rp 6 miliar di Sei Beduk Sei Beduk, Batam, Kepulauan Riau, senilai Rp 6 miliar. Anggaran itu dari pemerintah pusat dan pengerjaan akan dibantu Pemko Batam.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Zarefriadi mengatakan, pasar tersebut akan dibangun di lahan dengan seluas 3000 meter persegi. 

“Lahan untuk pasar diperoleh dari developer yang memanfaatkan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos), yang membangun dari pemerintah pusat, Pemko Batam hanya bertugas membantu mengawasi proses pembangunan,” ujar Zaref, Sabtu (31/3/2018). 

Rencananya pasar tersebut akan dibangun pada bulan Juni dan diperkirakan akan selesai dalam 3-4 bulan kedepan. Pasar tradsional ini nantinya akan menjadi Pasar Tipe C.

“Bulan Juni mendatang akan mulai dibangun, saat ini dalam proses pelelangan,” katanya. 

Untuk menempati pasar tersebut, Zaref mengatakan akan diproritaskan diisi oleh masyarakat sekitar pasar, dengan kapasitas 150 pedagang diharapakan dapat mengakomodir para pedagang kaki lima (PKL) ataupun masyarakat yang ingin berjualan. 

“Tugas kita nanti yang akan mendata dan memilih pedagang yang akan masuk ke pasar,” jelasnya. 

Karena banyak pedagang yang mengeluhkan sewa di pasar yang dikelola swasta sangat mahal, maka setelah dibangun pasar tradisional ini, Zaref menyampaikan dapat membantu PKL ataupun pedagang lainnya.

“Jelas sewa di pemerintah akan lebih murah,” ucapnya.

(ret)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews